Buat teman-teman yang bingung mencari judul penelitian, ini saya kasi beberapa judul penelitian PTK, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi.....
HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH) TAHUN 2006 YANG LOLOS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH) TAHUN 2006 YANG LOLOS
| NO | JUDUL | 
| 1. | Penerapan   Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan   Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran   2006/2007 | 
| 2. | Pengembangan   Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kualitas   Proses dan Produk Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar | 
| 3. | Implementasi   Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kualitas   Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Singaraja | 
| 4. | Penerapan   Pengajaran Konseptual Interaktif dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan   Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Singaraja | 
| 5. | Implementasi   Strategi 5E dengan Bahan Ajar Bermuatan Perubahan Konseptual sebagai Upaya   Mengubah Miskonsepsi, dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Singaraja | 
| 6. | Pembelajaran   Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Diklat   Menyiapkan, Menyajikan Minuman Non-Alkohol Siswa II A1 SMKN 2 Singaraja | 
| 7. | Pemberdayaan   Prior Experience dalam Pembelajaran Modul Praktikum dengan Model Experential   Learning sebagai upaya Meningkatkan Kompetensi Sains Siswa SMPN 2 Singaraja | 
| 8. | Penerapan   Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Berbasis Kelas untuk   Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Singaraja | 
| 9. | Penggunaan   Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia Karikatur untuk Meningkatkan   Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP Lab. IKIP Singaraja  | 
| 10. | Implementasi   Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk   Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja | 
| 11. | Implementasi   Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan LKS dengan Model Pembelajaran   Kooperatif TPS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika   Siswa SMP | 
| 12. | Implementasi   Teori Belajar Action, Process, Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan   Siklus: Activities, Class-Discussion, Exercise untuk Meningkatkan Pemahaman   Konsep Matematika Siswa SMP | 
| 13. | Implementasi   Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbasis Open-Ended Problem   untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas   VII SMP Negeri 2 Singaraja | 
| 14. | Pengembangan   Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas   Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 | 
| 15. | Peningkatan   Penguasaan EYD Karangan Narasi dengan Teknik Koreksi Teman Sebaya Siswa Kelas   VI SD Anjasmoro 02 Semarang | 
| 16. | Upaya   Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode Presentasi Siswa   Kelas Imersi SMP 1 Magelang Tahun Pembelajaran 2006/2007 | 
| 17. | Upaya   Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran PKPS melalui Program   Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun Pelajaran 2006/2007 | 
| 18. | Efektivitas   Problem Solving dengan Memanfaatkan Alat Peraga dalam Pembelajaran Geometri   di Kelas VIII B SMP Negeri 2 Demak Tahun 2006 | 
| 19. | Meningkatkan   Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui Pendekatan Kontekstual pada   Siswa Kelas XI MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB | 
| 20. | Peningkatan   Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi Lingkungannya melalui Penggunaan   Peta Konsep pda Pembelajaran Sosiologi Kelas VII SMPN 1 Aikmel | 
| 21. | Strategi   Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan   Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN 1 Selong | 
| 22. | Pembelajaran   Berbasis Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa   Kelas I Madrasah Aliyah Negeri Selong | 
| 23. | Upaya   Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa Kelas X2 SMA PGRI 1 Lubuk   Linggau dengan Menggunakan Pendekatan Genre-Based Approach | 
| 24. | Kolaborasi   Pendekatan Struktural dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Diskusi   dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VIII MTsN   Lubuk Linggau | 
| 25. | Peningkatan   Kemampuan Mengapresiasi Unsur Instrinsik Dongeng Melalui Teknik Bercerita   Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Lubuk Linggau | 
| 26. | Peningkatan   Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Lubuk Linggau   Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan Journalist's Questions | 
| 27. | Upaya   Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Sains Siswa Kelas IV dengan Pendekatan   Kontekstual pada Sekolah Dasar Negeri 6 Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan | 
| 28. | Upaya   Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model Direct Instruction   Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika (Studi pada Siswa Kelas I-1   SMPN 12 Langsa) | 
| 29. | Meningkatkan   Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas   7 SMPN 1 Kotamadya Bengkulu | 
| 30. | Meningkatkan   Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kota   Bengkulu dengan Metode Investigasi Kelompok | 
| 31. | Pengkombinasian   Problem Possing dan Cooperative Learning untuk Pengajaran Matematika di Kelas   Unggul pada SMP Rintisan Sekolah Standar Nasional | 
| 32. | Meningkatkan   Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-B SMPN 5 Kendari Melalui Model   Kooperatif Tipe Think-Paire-Share | 
| 33. | Meningkatkan   Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas III IPA SMA Negeri 8   Kendari Melalui Model Pembelajaran Inquiri | 
| 34. | Meningkatkan   Keterampilan Merumuskan Kesimpulan Melalui Penggunaan Peta Konsep pada   Pengelompokan Makhluk Hidup Mata Pelajaran Sains-Biologi di Kelas VII-1 SMP   Negeri 9 Kendari | 
| 35. | Penerapan   Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tongkat Estafet untuk Meningkatkan   Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan (Kaji Tindak di Kelas VIII A SMP   Negeri 2 Kendari) | 
| 36. | Meningkatkan   Kemampuan Siswa Kelas VI SD Negeri 32 Poasia Kendari dalam Menyelesaikan Soal   Matematika Berbentuk Cerita Melalui Pendekatan Matematika Realistik | 
| 37. | Meningkatkan   Penguasaan Konsep Matematika Pokok Bahasan Statistika dengan Model   Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari | 
| 38. | Penerapan   Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk Meningkatkan Prestasi Belajar   Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA Negeri 5 Kendari | 
| 39. | Efektivitas   Model Pembelajaran Rogers dalam Mengatasi Kesulitas Siswa Memahami Konsep   Matematika Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaristma di Kelas X   Madrasah Aliyah Pesri Kendari | 
| 40. | Meningkatkan   Pemahaman dan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas X SMAN 4 Kendari dengan   Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif | 
| 41. | Upaya   Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Raklin dalam   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri No. 9 Mandonga | 
| 42. | Meningkatkan   Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Melalui Penerapan   Strategi Concept Mapping pada Kelas II.2 SMPN 12 Kendari | 
| 43. | Upaya   Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif Teks Melalui Model   Pembelajaran Cooperative Learning | 
| 44. | Meminimalkan   Kesalahan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas II MTsN Kenali Besar   Jambi Melalui Penggunaan Pita Garis Bilangan | 
| 45. | Meningkatkan   Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Inggris di   SMPN 1 Jember melalui Learning Community dengan Teknik Permainan Komunikatif | 
| 46. | Meningkatkan   Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMP   1 Jember melalui Cerita | 
| 47. | Pembelajaran   Sain Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Academic   Skill Siswa MI Miftahul Ulum Serut 02 Jember | 
| 48. | Penerapan   Metode Pembelajaran Konsultatif (Sebuah Inovasi dalam Pembelajaran Kurikulum   Berbasis Kompetensi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran   Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember | 
| 49. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan   Pendekatan Kontekstual | 
| 50. | Meningkatkan   Pemahaman Siswa SLTPN 8 Jember tentang Kesebangunan dengan Penemuan   Terbimbing (Guide Discovery) | 
| 51. | Penerapan   Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk   Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada Siswa Kelas   III di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2005 - 2006  | 
| 52. | Peningkatan   Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh (Hubungannya dengan Kehidupan Manusia   dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan Group Discussion di SDN Kranjingan 3   Sumbersari-Jember | 
| 53. | Peningkatan   Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi M2E (Mapping, Matrix, &   Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 5 Banjarmasin | 
| 54. | Mengatasi   Miskonsepsi Siswa Kelas III SMPN 24 Banjarmasin pada Materi Ajar Listrik   Dinamis dengan Menerapkan Teknik Pemodelan dalam Setting Pembelajaran   Generatif | 
| 55. | Meminimalkan   Kesalahan Siswa Kelas III-IPA SMAN 1 Banjarmasin dalam Menyelesaikan   Persamaan Trigonometri Melalui Strategi Konflik Kognitif dan Problem Solving   dalam Pembelajaran Kooperatif | 
| 56. | Penerapan   Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Mengatasi   Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat Heterogenitas Kemampuan Siswa di   Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin | 
| 57. | Memanfaatkan   Metode Debat Secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman Bioetika pada   Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI MAN 1 Banjarmasin | 
| 58. | Implementasi   Pendekatan Pembelejaran Kooperatif dalam Pembelajaran Biologi Semester Gasal   Tahun Ajaran 2005/2006 untuk Mengatasi Rendahnya Pemahaman Siswa Kelas IIIB   SMPN 21 Banjarmasin | 
| 59. | Efektivitas   Pembelajaran Kimia Kelas X Semester I SMA Swadhipa Natar melalui Penerapan   Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan | 
| 60. | Meningkatkan   Kemampuan Mendengarkan Wacana Berbahasa Inggris Siswa Kelas XI dengan   Text-Based Listening di SMAN I Natar Lampung Selatan | 
| 61. | Meningkatkan   Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 5 Bandar Lampung melalui   Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) | 
| 62. | Pembelajaran   Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar di SMPN I Pugung   Kabupaten Tanggamus | 
| 63. | Implementasi   Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan   Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMA YP UNILA Bandar Lampung   Tahun Pelajaran 2005/2006 | 
| 64. | Pengembangan   Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktifitas dan   Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan | 
| 65. | Upaya   Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn   Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw di SMP Negeri 2   Mataram Kelas VIII | 
| 66. | Meningkatkan   Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab melalui Permainan (Studi di Sekolah Dasar   Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang) | 
| 67. | Pembelajaran   Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Jigsaw dalam Pembelajaran   Sains di SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2005/2006  | 
| 68. | Upaya   Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran   Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural Think-Pair-Share) Siswa SMA Negeri I   Metro Tahun Pelajaran 2006/2007 | 
| 69. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe   Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN 3 Metro Lampung | 
| 70. | Pembelajaran   di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Bersama untuk Meningkatkan   Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Lingkungan Siswa Kelas III SDM Kota   Metro | 
| 71. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL)   Kelas VII di SMP Negeri 3 Metro Tahun 2005 | 
| 72. | Pendekatan   Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengintegrasikan Nilai-Nilai   Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun   Pelajaran 2006/2007 | 
| 73. | Model   Penemuan dan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Realistik pada Pembelajaran   Matematika di SD Pertiwi Teladan Metro Tahun Pelajaran 2005/2006 | 
| 74. | Meningkatkan   Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Maryam Surabaya dalam Pembelajaran Matematika   Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw | 
| 75. | Penerapan   Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTP Muhammadiyah 5 Surabaya | 
| 76. | Peningkatan   Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Melalui   Pola Latihan Berjenjang | 
| 77. | Peningkatan   Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Sumbang melalui   Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Discovery | 
| 78. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran IPA Menggunakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif,   dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Ledug Kecamatan   Kembaran Kabupaten Banyumas | 
| 79. | Peningkatan   Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pelajaran Sejarah melalui Pembelajaran   Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) di Madrasah   Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto | 
| 80. | Upaya   Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal melalui Model Inkuiri   pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2006 - 2007  | 
| 81. | Penerapan   Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournaments) untuk Meningkatkan   Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi di SMP Negeri 4   Purwokerto) | 
| 82. | Penerapan   Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi dan Partisipasi   Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA Negeri II Samarinda | 
| 83. | Penerapan   Metode Permainan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada   Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi Cakung Jakarta Timur | 
| 84. | Upaya   Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan   Realistik Matematik di SDN Mekarsari 06 Tambun - Bekasi  | 
| 85. | Implementasi   Portofolio Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan   hasil Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa | 
| 86. | Penerapan   Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang Diintervensi dengan Peta Konsep   untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMU | 
| 87. | Efektivitas   Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil IPA di SDN 62   Pare-Pare | 
| 88. | Pembelajaran   Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V   SD Negeri 10 Watampone | 
| 89. | Peningkatan   Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran   Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA Negeri 21 Makassar | 
| 90. | Peningkatan   Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi melalui Pembelajaran   Kooperatif di SMP Negeri 24 Makassar | 
| 91. | Model   Pembelajaran Seni Rupa di SMU Negeri 2 Malang dengan Penggunaan Desain Media   Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak | 
| 92. | Penggunaan   Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar Kooperatif Tipe STAD untuk   Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri   I Tumpang - Malang  | 
| 93. | Aplikasi   Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan   Pembelajaran PSKn Kelas IV di SDI Sabilillah Malang | 
| 94. | Peningkatan   Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan Proses Membaca dalam   Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit Kota Blitar | 
| 95. | Penerapan   kegiatan Hands on Activity dan Modified Discovery-Inquiry pada Mata Pelajaran   Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP   Laboratorium Universitas Negeri Malang | 
| 96. | Penggunaan   Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk   Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII SMA   Negeri 9 Malang | 
| 97. | Pembelajaran   Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir,   Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid   Hasyim III Malang | 
| 98. | Penggunaan   Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Komunikasi Total untuk   Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di SLB Bagian B   YPTB Malang | 
| 99. | Penerapan   Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD pada   Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas   V MI Jenderal Sudirman Malang | 
| 100. | Pengefektifan   Pembelajaran Menulis Cerpen melalui Pemanfaatan Pertanyaan "Bagaimana   Jika …" pada Siswa Kelas X MAN Malang I | 
| 101. | Peningkatan   Pemahaman Geografi dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam   Kerangka Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kelas X SMA Negeri I Batu | 
| 102. | Penerapan   Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan Tingkat Kemampuan Penguasaan   Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27 | 
| 103. | Implementasi   Konseling Perkembangan dalam Pembelajaran sebagai Model Pembiasaan Perilaku   Belajar Siswa SD Negeri 064018 di Medan Sunggal | 
| 104. | Upaya   Peningaktan Keaktifan Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Latihan   pada Pembelajaran Teknik Tailoring Kelas II A Semester 3 SMKN 6 Padang | 
| 105. | Upaya   Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan Konsep Esensial dan   Peta Konsep di Kelas 2 SMP 7 Padang | 
| 106. | Upaya   Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model Mengajar Perubahan   Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP Pembangunan KORPRI UNP | 
| 107. | Optimalisasi   Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Aktivitas   Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan Prinsip Fisika di Kelas 1 SMA 3   Padang | 
| 108. | Upaya   Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui Optimalisasi Jeda Strategis   dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negei 7 Padang | 
| 109. | Usaha   Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui Pendekatan Penyajian Garis   Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA | 
| 110. | Pemaksimalan   Kompetensi Siswa Kelas X SMA 3 Semarang dengan Pendekatan Penerapan   Penelitian dalam Pembelajaran Kimia | 
| 111. | Meningkatkan   Kompetensi Dasar Siswa Kelas IX SMP 25 Semarang dalam Pokok Bahasan Lingkaran   melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TGT Bercirikan CTL | 
| 112. | Upaya   Mengatasi Kesulitan Belajar Kimia sesuai KBK 2004 di Kelas X SMA Negeri 5   Semarang dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD | 
| 113. | Upaya   Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi FPB dan KPK dengan Mendayagunakan   Alat Peraga dan Serangkaian Pertanyaan Kognitif di SD Sekaran 01 Semarang | 
| 114. | Optimalisasi   Pontensi Unggulan Lokal dalam Pembelajaran Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas   VII SMPN 9 Semarang, sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi | 
| 115. | Penerapan   Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Kerja Ilmiah pada   Pembelajaran PA-Biologi di SMP Negeri 40 Semarang | 
| 116. | Meningkatkan   Kualitas Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati melalui Penerapan Model   Investigasi Kelompok di SMA 9 Semarang | 
| 117. | Penggunaan   Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan   Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa Kelas I SMP Negeri 9 Semarang | 
| 118. | Pembelajaran   Matematika Berbantuan Alat Peraga untuk Menciptakan Pembelajaran yang   Menyenangkan bagi Siswa Kelas 3 SD Sampangan 04 Semarang  | 
| 119. | Upaya   Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan Model   Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA | 
| 120. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah di   Kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo melalui Penerapan Asesmen Autentik | 
| 121. | Pembelajaran   Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas   III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum | 
| 122. | Peningkatan   Efektifitas Pembelajaran Anak Autis melalui Implementasi Pendekatan   Individualized Education Program (IEP) di SDN Inklusif Klampis Ngasem 1-246   Surabaya | 
| 123. | Peningkatan   Hasil Belajar Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Kontekstual Model   Berkemah dan Media Pembelajaran Lingkungan di SD | 
| 124. | Penerapan   Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa   dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan Konsep secara Mandiri di SMPN 21   Surabaya | 
| 125. | Meningkatkan   Kemampuan Aspek Psikomotor melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada   Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Jombang | 
| 126. | Penerapan   Perangkat Pembelajaran Inovatif dalam rangka Peningkatan Penguasaan   Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertajaya   XIII Surabaya | 
| 127. | Penerapan   Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika   Siswa SMPN 3 Porong | 
| 128. | Menciptakan   Iklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui Snowball Drilling Method | 
| 129. | Penerapan   Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di   Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Surabaya | 
| 130. | Penggunaan   Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas II   SDN Jepara 2 Surabaya | 
| 131. | Pembelajaran   Interaktif Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk   Peningkatan Keterampilan Scientifik dalam Mata Pelajaran Fisika di SMUN 1   Depok Slemant Yogyakarta | 
| 132. | Upaya   Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Kelas V dalam Mata Pelajaran   Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Cooperative Learning | 
| 133. | Perbaikan   Teknik Menyanyikan Nada-nada Melodi melalui Teknologi MIDI di SD Negeri   Kalasan I - Yogyakarta  | 
| 134. | Peningkatan   Minat Baca Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1 Palangkaraya dalam Pelajaran Bahasa   Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan Reinforcement | 
| 135. | Peningkatan   Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses dan Media Gambar di Kelas II   SDN Menteng 6 Palangkaraya | 
| 136. | Penerapan   Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika Bermediasi RME untuk Penalaran   dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa Kelas II SMUN 3 Palangkaraya | 
| 137. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir dalam Proses Ilmiah   Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMA Negeri-1 Palangkaraya | 
| 138. | Model   Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian Siswa Mengemukakan   Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA Pasundan 2 Bandung | 
| 139. | Pengembangan   Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Menulis Proses dan Penilaian   Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang | 
| 140. | Peningkatan   Prestasi Belajar Membaca Menulis Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Melalui   Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode VAKT di SD Permata Hijau   Rancaekek Kab. Bandung | 
| 141. | Pelaksanaan   Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada Struktur dalam rangka Mengatasi   Kesulitan Belajar Siswa SMA PGRI Cililin Kab. Bandung | 
| 142. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Gejala-Gejala Alam dengan Menggunakan Media   Pembelajaran Mock Up di Sekolah Dasar Negeri Embong 2 Bandung | 
| 143. | Optimalisasi   Penggunaan Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa pada   Pembelajaran Sains di SDN Puncakmulya Kecamatan Manonjaya Kabupaten   Tasikmalaya | 
| 144. | Dramatisasi   Cerita Bergambar untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Berekspresi Sastra di   Sekolah Dasar | 
| 145. | Pemberdayaan   Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi   Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru | 
| 146. | Peningkatan   Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis CTL (Contextual Teaching and   Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Jetis,   Bantul Yogyakarta | 
| 147. | Pemakaian   bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita   Matematika pda Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta | 
| 148. | Penggunaan   Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities) dalam Pembelajaran Menulis di   Sekolah Dasar. | 
| 149. | Penggunaan   Software SIG Khusus dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif untuk Mempermudah   Penguasaan Kompetensi SIG pada Pembelajaran Geografi di SMAN I Surakarta | 
| 150. | Peningkatan   Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial dengan Teknik   Jigsaw di SMP Negeri 17 Palembang | 
| 151. | Upaya   Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia di SMA   Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan Authentic   Assessment | 
| 152. | Upaya   Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II SMP Negeri 52 Palembang   melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw | 
| 153. | Peningkatan   Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa Madrasah Ibtidiyah Aliyah II   Palembang melalui Strategi Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis | 
| 154. | Penerapan   Strategi Suggestopedia dalam upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen   Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 1 Palembang | 
| 155. | Peningkatan   Kemampuan Berbicara melalui Teknik Tell Me What You See I pada Siswa Kelas V   SD Negeri 210 Palembang | 
| 156. | Peningkatan   Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris melalui   Supervisi Klinis di Kelas VII Koalisi SMP Negeri 1 Palembang | 
| 157. | Penerapan   Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman   Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah (SMA) Negeri I   Balaraja Kabupaten Tangerang - Banten | 
| 158. | Penggunaan   Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar   Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang | 
| 159. | Pemanfaatan   Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran untuk Mengatasi Miskonsepsi   Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu | 
| 160. | Penerapan   Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu terhadap   Konsep Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar | 
| 161. | Penerapan   Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan   Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan di Kelas VII SLTP Negeri   1 Palu | 
| 162. | Pendekatan   Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia dalam Pembelajaran Kimia   kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa SMA Negeri 6 Palu | 
| 163. | Implementasi   Perangkat Model Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Tabung,   Kerucut dan Bola di Kelas II SMP Negeri 1 Palu | 
| 164. | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Palu Melalui   Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di   Laboratorium. | 
| 165. | Penerapan Pendekatan   Struktur Konsep untuk Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Konsep Fisika dalam   Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 19 Palu | 
| 166. | Pengembangan   Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika Melalui Optimasi   Rubrik Performance Assessment | 
| 167. | Penerapan   Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi   Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di SMA   Negeri 2 Dolo) | 
| 168. | Implementasi   Perangkat Model Geometri Molekul dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Teori   Domain Elektro dan Gaya Antarmolekul di Kelas XI SMU Negeri 1 Palu | 
| 169. | Pembelajaran   Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program Interactive Atlas 2002 untuk   Meningkatkan Penguasaan Materi Region Siswa Kelas IX SMPN 4 Sindue | 
| 170. | Meningkatkan   Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Siswa tentang Kinematika Melalui   Pembelajaran Multimodel Berbasis CTL pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kabupaten   Pontianak | 
HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN (RESEARCH FOR INSTRUCTIONAL IMPROVEMENT) TAHUN 2006 YANG LOLOS 
| NO | JUDUL | 
| 1 | Penerapan   Strategi Elaborasi (Review, Self-Quest, Clarification) dan Pengajuan Masalah   Menggunakan Bantuan Materi Ajar | 
| 2 | Implementasi   Pembelajaran Berwawasan Konstruktivis Dengan Metode PQRST Dalam Rangka   Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Aljabar dan Trigonometri | 
| 3 | Penerapan   Pendekatan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran   Kimia dan Pencemaran Lingkungan | 
| 4 | Meningkatkan   Kualitas Praktikum Kimia Anorganik dengan Menerapkan Paket Percobaan   Bersiklus | 
| 5 | Peningkatan   Kemandirian Belajar dan Literasi Sosial-Budaya Mahasiswa Melalui Pengembangan   Modul Belajar Yang Berwawasan Sosial-Budaya | 
| 6 | Penggunaan   Media Skripsi Dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan   Kemampuan Mahasiswa Menulis Karya Ilmiah | 
| 7 | Penerapan   Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat, Pemecahan Masalah,   dan Hasil Belajar Mahasiswa | 
| 8 | Upaya   Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Melalui Metode Membaca   SQ3R dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca II di Program Studi Pendidikan   Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP PGRI Semarang | 
| 9 | Penerapan   Model Tahapan Pembelajaran Gagne untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran   Pada Matakuliah Peralatan Konstruksi | 
| 10 | Optimasi   Proses dan Hasil Perkuliahan KDM Dengan Menggunakan Model Perkuliahan   Problem-Based Teaching dan Problem-Based Learning | 
| 11 | Pengembangan   Pembelajaran Teknologi Perkerasan Jalan Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan   Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan | 
| 12 | Peningkatan   Kualitas Perkuliahan Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan   Teknik Pemodelan, Praktik Kerja, dan Supervisi Klinis | 
| 13 | Peningkatan   Kemampuan Mahasiswa Dalam Melakukan Penilaian Autentik (Authentic Assesment dengan   Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Dalam Matakuliah Evaluasi   Pendidikan) | 
| 14 | Meningkatkan   Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Dasar Mahasiswa Pendidikan Kimia UM   dengan Strategi Learning Cycle-Cooperative 5E (LCC-5E) | 
| 15 | Pengembangan   Paket Tutorial Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam   Menyelesaikan Persoalan Mekanika | 
| 16 | Meningkatkan   Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika   Melalui Pembelajaran Matematika Realistik | 
| 17 | Pembelajaran   Kooperatif Model Investigasi Kelompok (IK) Untuk Meningkatkan Proses dan   Hasil Praktikum Fisiologi Hewan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri   Malang | 
| 18 | Penggunaan   Journal Respon Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Membaca Ekstensif   Program Pendidikan S-1 Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas   Negeri Malang | 
| 19 | Upaya   Meningkatkan Apresiasi Mahasiswa Dan Kualitas Pembelajaran Filsafat Sejarah   Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning   / CTL) | 
| 20 | Pengembangan   Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Ativitas Mahasiswa Pada Statistika   Matematika I | 
| 21 | Peningkatan   Kemampuan Menulis Karangan Argumentatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan   Bahasa Inggris Melalui Asesmen Portofolio | 
| 22 | Pembelajaran   Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa PGSD FKIP   Universitas Jember Pada Mata Kuliah PPKn | 
| 23 | Peningkatan   Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Kalkulus II Dengan Model Standart   NCTM | 
| 24 | Pemanfaatan   Tehnologi Informasi Pada Perkuliahan Pendidikan Matematika I Untuk   Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas   Jember | 
| 25 | Peningkatan   IPK Matakuliah Aljabar Linear Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan   Modul Dan CD Interaktif | 
| 26 | Penerapan   Pendekatan Model Pembelajaran Buzz Group Dalam Meningkatkan Pemahaman   Mahasiswa Fisika FKIP Universitas Jember Pada Mata Kuliah Metodologi   Penelitian  | 
| 27 | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Matakuliah Manajemen Busana Tailoring Melalui Program   Remedial | 
| 28 | Pengembangan   Perangkat Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi   Mahasiswa Pada Matakuliah Rangkaian Listrik I di Jurusan Elektro UNESA | 
| 29 | Peningkatan   Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata   Boga Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Unesa Melalui Penerapan   Modul Pembelajaran Multimedia Interaktif Matakuliah Ilmu Gizi | 
| 30 | Penggunaan   Strategi Pengajuan Masalah (Problem Posing) Untuk Mengatasi Kesulitan   Mahasiswa Dalam Membuktikan Teorema Pada Matakuliah Pengantar Dasar   Matematika (PDM) | 
| 31 | Pengembangan   Asesmen Berbasis Kompetensi Dalam Pembelajaran "Demografi" di   Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Surabaya | 
| 32 | Peningkatan   Perolehan Belajar Mahasiswa Melalui Rekonstruksi Matakuliah Dasar Dan Konsep   Pendidikan Moral dengan Pendekatan Konstekstual | 
| 33 | Peningkatan   Kualitas Matakuliah Kimia Analitik II Melalui Pengembangan Bahan Pembelajaran   Berorientasi Prinsip Belajar Konstruktivis | 
| 34 | Latihan   Mengorganisasi Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Mahasiswa   Program S1 Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi | 
| 35 | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar I Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Dengan   Pendekatan Konstruktivisme Model Kooperatif Tipe Jigsaw II di Jurusan Kimia   FMIPA Universitas Negeri Surabaya  | 
| 36 | Penerapan   Pembelajaran Berdasarkan Konstruktivisme Untuk Peningkatan Kualitas   Pembelajaran Kimia Dasar I | 
| 37 | Meningkatkan   Aktifitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Kriya Dalam Mata Kuliah   Psikologi Malalui Teknik Jigsaw | 
| 38 | Memaksimalkan   Kemampuan Mengubah Kosakata Menjadi Kelompok Kata Yang Bermakna Kolokasi Pada   Mata Kuliah Semantik Dengan Menggunakan Teknik "Treasure Hunt Game"   Pada Mahasiswa Genap T. A 2005/2006 Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra   dan Budaya | 
| 39 | Meningkatkan   Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Kimia Dasar I Melalui Model   Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Problem Posing | 
| 40 | Meningkatkan   Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Melalui   Penerapan Penilaian Berbasis Kelas (Studi pada Mahasiswa S-1 Pendidikan   Biologi Jurusan Pendidikan MIPA-FKIP Universitas Haluoleo) | 
| 41 | Meningkatkan   Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNHALU Pada Matakuliah   PDM Melalui Keterampilan Penalaran Formal  | 
| 42 | Meningkatkan   Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Persamaan Diferensial Melalui   Efektivitas Umpan Balik Tes Formatif Dengan Metode Diskusi | 
| 43 | Peningkatan   Motivasi Dan Prestasi Belajar Matakuliah Fisika Statistik Melalui Metode   Latihan Berstruktur Dan Pengajaran Langsung (Penelitian Tindakan pada   Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA FKIP UNHALU) | 
| 44 | Pengembangan   Kreativitas Mengajara Dosen Dalam Rangka Peningkatan Penguasaan Metodologi   Penelitian Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Sejarah | 
| 45 | Penerapan   Tutorial Berbantuan Komputer Pada Mata Kuliah Fisika Matematika I Untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas   Haluoleo | 
| 46 | Meningkatkan   Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Hukum Tata Negara Melalui Penerapan   Penilaian Berbasis Sekolah (Studi Pada Mahasiswa S-1 PPKN Jurusan Pendidikan   IPS-FKIP UNHALU) | 
| 47 | Penerapan   Model Pembelajaran Latihan Penelitian Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil   Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Kimia Lingkungan Berbasis Kompetensi   (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP   Universitas Bengkulu) | 
| 48 | Pengembangan   Strategi Pembelajaran Menulis Cerpen Secara Berjenjang Melalui Pengamatan   Peristiwa Sehari-Hari (Experiencial Learning) | 
| 49 | Optimalisasi   Kemampuan dan Aktivitas Mahasiswa Pada Pembelajaran Kimia Polimer Melalui   Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif | 
| 50 | Peningkatan   Mutu Pembelajaran Matakuliah Kimia Organik I Melalui Pendekatan   Konstruktivisme Menggunakan Model CLIS | 
| 51 | Penerapan   Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah   Hukum Pidana | 
| 52 | Pengembangan   VCD Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi   Mahasiswa Dalam Matakuliah Kimia Analitik I | 
| 53 | Penggunaan   Media Animasi dan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi   Kuliah Statistika Sosial | 
| 54 | Pengembangan   Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matakuliah Demografi Teknik   Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung | 
| 55 | Visualisasi   Fenomena Sistem Kendali untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matakuliah Dasar   Sistem Kendali (Studi Kasus pada Mahasiswa Teknik Elektro FT-UNILA) | 
| 56 | Upaya   Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Pada Penggunaan Komputer Dalam Sistem Tenaga   Listrik Melalui Penggunaan Program Simulasi Berbasis Matlab | 
| 57 | Penerapan   Teknik Penerjemahan/ Übersetzung Berdasarkan Makna Untuk Meningkatkan   Kemampuan Menerjemahkan Mahasiswa Bahasa Jerman | 
| 58 | Pemanfaatan   Bahan Ajar Dari Internet Pada Matakuliah Drama Dengan Strategi Pembelajaran   Kooperatif (Penelitian Tindakan Kelas) | 
| 59 | Penggunaan   Model Kooperatif Pada Pembelajaran Kapselmat HI Dalam Upaya Meningkatkan   Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa | 
| 60 | Pemberian   Kuis Dalam Pembelajaran Sintaksis Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Dan   Teori Kelinguistikan | 
| 61 | Pembelajaran   Genetika Menggunakan Model pencapaian Konsep Berbasis Konstruktivisme Pada   Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNJ | 
| 62 | Pengaruh   Pendekatan Konstruktivitas Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika   Mahasiswa PGSD UNJ | 
| 63 | Mengembangkan   Bahan Ajar Mata Kuliah Permodalan Koperasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan   Hasil Belajar Mahasiswa | 
| 64 | Meningkatkan   Kemampuan Hitung Integral Mahasiswa Matematika FKIP Universitas Jambi Melalui   Penerapan Model Pencapaian Konsep | 
| 65 | Penggunaan   Model Pemberian Tugas Terstruktur dan Mandiri Dalam Meningkatkan Kualitas   Pembelajaran Kimia Dasar | 
| 66 | Peningkatan   Kinerja Mahasiswa Pada Matakuliah Teori Bilangan Melalui Pelaksanaan Asesmen   dan Tutorial Akademik | 
| 67 | Meningkatkan   Penguasaan Konsep Kelistrikan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika   Melalui Pemberian Tugas Awal Terstruktur | 
| 68 | Peningkatan   Kualitas Penilaian Matakuliah Kalkulus I dan II Melalui Pemberian Quiz   Berlapis dengan Umpan Balik Disertai Catatan | 
| 69 | Peningkatan   Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Siklus Belajar Pada Mahasiswa   Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro | 
| 70 | Peningkatan   Kualitas Perkuliahan Kimia Organik Dengan Penerapan Pembelajaran Koopraetif   (Tipe Stad) Melalui Pendekatan Siklus Belajar (Learning Cycle) Mahasiswa   Pendidikan Biologi, Kurusan Pendidikan MIPA, FKIP UM Metro Semester Ganjil TA   2006/2007 | 
| 71 | Upaya   Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Perkuliahan Scientific Writing   melalui Model Pengajaran Social Inquiry | 
| 72 | Upaya Meningkatkan   Partisipasi dan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pemrograman Terstruktur   Melalui Pembelajaran CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) | 
| 73 | Pengembangan   Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Kuliah Pendidikan   Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Nilai-nilai Demokrasi Mahasiswa | 
| 74 | Pembelajaran   Kreatif Produktif Matakuliah Morfologi Program Studi Pendidikan Bahasa dan   Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas   Muhammadiyah Surabaya | 
| 75 | Penggunaan   Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Dalam pembelajaran   Pokok Bahasan Demokrasi Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan Negara Di Jurusan   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) UMS 2005/2006 | 
| 76 | Optimalisasi   Group Presentation Task Melalui Evaluasi Partisipasi Dalam Pembelajaran Tefl   (Teaching English As a Foreign Language) | 
| 77 | Peningkatan   Analysis Skill Dan Problem Solving Melalui Group Investigation Method | 
| 78 | Meminimalisasi   Kesalahan Konsep Bentuk Geometri Molekul Dan Elektronik Dalam Mata Kuliah   Ikatan Kimia Dengan Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) | 
| 79 | Meningkatkan   Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Strategi Tugas Kelompok Kecil Penegasan   Indikator Kompetensi Dan Penerapan Evaluasi Berbentuk Portofolio (Penelitian   Pada Mata Kuliah Fisika Matematika 2) | 
| 80 | Penggunaan   Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Peningkatan Kreatifitas   Berpikir Pada Mata Kuliah Dasar-dasar PBM Biologi FKIP Universitas Mulawarman | 
| 81 | Implementasi   Model Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata   Kuliah Teknik Digital | 
| 82 | Mengefektifkan   Pembelajaran Praktikum Dasar-dasar Kimia Analitik Melalui Penugasan   Perencanaan percobaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains | 
| 83 | Pemanfaatan   Program Animasi Sebagai Salah Satu Model E-Learning Untuk Meningkatkan   Pemahaman Terbentuknya GGL Induksi Pada Perkuliahan Mesin Listrik Dasar | 
| 84 | Pengembangan   Bahan Ajar Mata Kuliah Fisika Matematika I Dengan Aplikasi MS Excel Untuk   Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Fasilitator Tutor Sebaya | 
| 85 | Optimalisasi   Kemampuan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Program Asesmen   Dan Tutorial Akademik Mahasiswa | 
| 86 | Meningkatkan   Apreasiasi Matakuliah Geometri Analitik Dengan Proyek Simulasi Maple Pada   Mahasiswa Jurusan Matematika UNNES | 
| 87 | Upaya   Meningkatkan Keterampilan Menari Tari Klasik Gaya Surakarta Melalui   Pendekatan Apresiasi | 
| 88 | Penerapan   Kegiatan Laboratorium Inkuiri Pada Matakuliah Praktikum Fisika Dasar untuk   Meningkatkan Kompetensi Bekerja Ilmiah | 
| 89 | Upaya   Mengatasi Kelemahan Mahasiswa Dalam Perencanaan Sistem Listrik Industri   Melalui Pemanfaatan CAD (Computer Aided Design) | 
| 90 | Peningkatan   Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Naskah Pembelajaran Melalui Pendekatan   Belajar Tuntas Pada Matakuliah Sinematografi | 
| 91 | Upaya   Peningkatan Kualitas Perkuliahan HAM Melalui Metode Komunikasi Reflektif Pada   Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FIS UNP | 
| 92 | Model   Asesmen Berbasis Komputer Sebagai Sarana Penilaian Hasil Belajar Kurikulum   Berbasis Kompetensi | 
| 93 | Pengembangan   CD Rom Pembelajaran Fisika Dasar I Berbasis Multimedia Interaktif Untuk   Membantu Mahasiswa Tahun Pertama Dalam Mempelajari Konsep Fisika Secara   Terpadu | 
| 94 | Upaya   Mengatasi Miskonsepsi Melalui Pendekatan Konseptual pada Matakuliah Fisika   Dasar 1 di Jurusan Fisika FMIPA UNP | 
| 95 | Pengembangan   Model Pengembangan Pada Matakuliah Teknik Pembuatan Busana I Melalui Strategi   Belajar Tuntas (Mastery Learning) | 
| 96 | Peningkatan   Aktivitas Belajar Melalui Metode Latihan dan Pemberian Tugas Pada Matakuliah   Desain Busana I Mahasiswa PKK FT UNP | 
| 97 | Implementasi   Siklus ACE untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ALE di Jurusan Matematika   FMIPA UNP | 
| 98 | Peningkatan   Kemampuan Mahasiswa Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Melalui   Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI) | 
| 99 | Meningkatkan   Pertisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kontekstual   dan Sistem Asesmen Berbasis Kompetensi | 
| 100 | Peningkatan   Kualitas Perkuliahan Morfologi dengan Menggunakan Kamus Melalui Metode   Discovery Pada Mahasiswa Semester III | 
| 101 | Meningkatkan   Prestasi Belajar Melalui Pengamatan Media Gambar dan Preparat Secara Intensif   Pada Materi Jaringan Tumbuhan | 
| 102 | Peningkatan   Kualitas Berpikir Kritis Dalam Perkuliahan Analisis Kesulitan Menulis Melalui   Penilaian Berbasis Kelas | 
| 103 | Meningkatkan   Kemampuan Mahasiswa Dalam Materi Luas dan Volum Benda Putar Dengan   Mengintentensifkan Pembelajaran Menggambar Grafik | 
| 104 | Pengembangan   Modul Pembelajaran Profesi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar   Mahasiswa PPKn FKIP UNPAS | 
| 105 | Memaksimalkan   Proses dan Kualitas Produk Melalui Penerapan Model   "Deconstruction-Construction" Dalam Matakuliah Writing III Untuk   Mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram | 
| 106 | Optimalisasi   Pembelajaran Matakuliah Strategi Pembelajaran PKn Melalui Implementasi   Pendekatan Kompetensi (Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Semester IV   Prodi FKIP Unram) | 
| 107 | Upaya   Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mahasiswa D2 PGSD FKIP   Universitas Mataram Pada Matakuliah Konsep Dasar IPS Melalui Penerapan Pendekatan   Kontekstual | 
| 108 | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II Dengan Stategi Pemecahan Masalah   Melalui Pembelajaran Kooperatif | 
| 109 | Pengembangan   Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan   Kepedulian Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Permasalahan Lingkungan | 
| 110 | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Matakuliah Kimia Fisika I FKIP UNSRI Melalui   Pembentukan dan Pemberdayaan Kelompok Kecil Mahasiswa | 
| 111 | Upaya   Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi Sel Mahasiswa   Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNSRI melalui Penerapan Pembelajaran   Kooperatif | 
| 112 | Peningkatan   Kemampuan Menulis Feature Melalui Gaya Penulisan Sastra Mahasiswa Program   Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNSRI | 
| 113 | Peningkatan   Pembelajaran English for Young Learners Melalui Penerapan Teknik Praktis Bagi   Mahasiswa Semester 4 D-II PGSD FKIP Universitas Sriwijaya | 
| 114 | Pengembangan   Keterampilan Mengajar Sejarah Melalui Model Individual Dalam Matakuliah   Perencanaan Pembelajaran Oleh Mahasiswa Program Studi Sejarah FKIP   Universitas Sriwijaya | 
| 115 | Pengembangan   Bahan Ajar Kalkulus II yang "Mengalir" Pada Program Studi   Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya | 
| 116 | Pemanfaatan   Multimedia Dikombinasi Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Pemahaman   Mahasiswa Tentang Konsep Mekanisme Reaksi Senyawa Organik | 
| 117 | Peningkatan   Kompetensi Mahasiswa Dalam Matakuliah Termodinamika Menggunakan Pembelajaran   Kooperatif Tipe STAD | 
| 118 | Meningkatkan   Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Pengantar Dasar   Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif | 
| 119 | Upaya   Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Matakuliah Kalkulus II Melalui   Penggunaan Maple (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Semester II Program   Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako) | 
| 120 | Pembelajaran   Interaktif Pada Topik Barisan (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan   Matematika FKIP Universitas Tadulako) | 
| 121 | Mengefektifkan   Pembelajaran Geometri Transformasi Melalui Pendekatan Implementasi Perangkat   Alat Peraga Model Bangun Rotasi dan Translasi | 
| 122 | Pembelajaran   Mikrobiologi Dengan Pendekatan PBM Arcs - Model Dan Ketrampilan Proses | 
| 123 | Penggunaan   Alat IS-3-A Untuk Meningkatkan Kpmpetensi Mahasiswa Tentang Fungsi Keadaan   Pada Mata Kuliah Kimia Fisik I | 
| 124 | Penerapan   Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam   Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat | 
| 125 | Peningkatan   Kualitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Kimia Dasar II Melalui   Model Kooperatif Tipe STAD | 
| 126 | Pemanfaatan   Budaya Lokal untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Pada Matakuliah   Perencanaan Pembelajaran Administrasi Perkantoran | 
| 127 | Pengaruh   Strategi Pembelajaran Heuristik dan Algoritmik Berdasarkan Gaya Kognitif   Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin | 
| 128 | Pengaruh   Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Analitik Terhadap Keterampilan Pneumatik   Mahasiswa Teknik Mesin UNY | 
| 129 | Upaya   Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Matakuliah Civilisation II Pendidikan Bahasa   Perancis Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi | 
| 130 | Desain   Model Instalasi Pelapisan Logam Dekoratif Metode Electropating Untuk   Pembelajaran Praktikum | 
| 131 | Desain   Model Komponen Pneumatik Dan Efektifitasnya Dalam Memperbaiki Kesalahan   Konsepi Mahasiswa | 
| 132 | Pengembangan   Program Praktik Konseling Individual Berdasarkan Analisis Terhadap Latihan   Keterampilan Konseling Mahasiswa | 
| 133 | Pengembangan   Strategi Pembelajaran Evolusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak   Secara Kostruktivistik Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Memahami   Konsep-Konsep Evolusi | 
| 134 | Peningkatan   Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching ana   Learning (CTL) Dalam Matakuliah Politik Hukum Di Jurusan PMPKN-FPIPS UPI | 
| 135 | Peningkatan   Penguasaan Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Psikologi Organisasi   Melalui Studi Dan Forum Simposium | 
| 136 | Pengembangan   Model Pembelajaran STS (Science Technology-Society) Untuk Meningkatkan   Kepedulian Mahasiswa Terhadap Matakuliah Ekologi Manusia | 
| 137 | Model Pembelajaran   Yang Memadukan Pendekatan Konseptual Interaktif dan Strategi Problem Solving   Untuk Perkuliahan Fisika Dasar II | 
| 138 | Kemampuan   Menggambar Karakter Model Melalui Pengolahan Unsur Visual Pada Matakuliah   Gambar IV B | 
| 139 | Model   Pembelajaran Hipermedia Kinematika Partikel Untuk Meningkatkan Penguasaan   Konsep Fisika Mahasiswa | 
| 140 | Pengembangan   Model Writing Workshop Dalam Matakuliah Ecrire IV Melalui Internet Berbasis   Konsep Hipermedia Sebagai Inovasi Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa | 
| 141 | Meningkatkan   Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya Pada   Matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD Program S1 PGSD Universitas Terbuka | 
| 142 | Peningkatan   Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Dengan Pendekatan Pembelajaran   Berbasis Budaya (PBB) | 

 
