Jumat, 22 Oktober 2010

ALESANDRO VOLTA


ALESANDRO VOLTA
A.     SEJARAH HIDUP
Alessaandro volta  adalah ahli fisika italia, ahli kimia, pangeran guru besar, pengarang,  ai atw tumpukan volta  (1800), penemu  kondesator, eudi meter, pistol lisrik, dan lampu udara. Ia memperbaiki elektro focus (1777) dan elektroskop. Ia menemukan dan dan mengisolir gas metan (1778). Ia lahir di como italia tanggal 18 februari 1745 dan meninggal di como tahun 1827 pada umur  82 tahun. Volta anak seorang bangsawan , saudara sekandungnya ada 9 orag. Semua masuk biara kecuali volta. Waktu kecil volta baru bisa bicara pada umur 4 tahun , hingga keluarga mengira volta sebagai anak yang terbelakang. Tapi  setelah besar ia dapat menandingi anak sebayanya. Umur 14 tahun dengan tegs ia mengatakan ia akan menjadi ahli fisika . ia menjadi guru fisika pada umur 29 tahun d SMA Como.  Ia menemukan elektro focus yaitu alat untuk menghasilkan muatan listrik dengan jalan induksi.  Alat ini terdiri atas dua plat logam plat pertama dan plat ke dua. Plat pertama  digosok dan di muati listrik negatif. Jika plat ke dua ditaruh di atasnya muatan listrik positif tertarik ke permukaan bawah dan muatan negatif terusir ke atas. Muatan negatif lalu tertatik ke tanah. Proses ini diulang berkali-kali sampai ada muatan yang kuat pada plat ke dua. Mesin pengumpul muatan ini menjadi dasar kondesator atau kapasitor sampai sekarang. Volta menjadi terkenal dan diangkat menadi guru besar di Universitas Pavia. Di sini dia membuat alat yang berhubungan dengan listrik static. Akibatnya dia diangkat menajadi anggota Royal Society dan mendapat hadia medali Coplay.
B.      SEJARAH PENEMUAN KONSEP
Nama Alessandro Volta mulai mendunia pada tahun 1765. Pada tanggal 18 April 1765 beliau mengumumkan tulisannya yang berisi uraian-uraian tentang percikan listrik “diatas kekuatan dari percikan listrik” yang bhasa latinnya “de vi actractiva ignis electrici” yang dimuat diharian Como.
Salah satu penemuan Volta yang terkenal adalah baterai. Volta mempunyai ide untuk membuat baterai dari sahabatnya Luigi Galvani, seorang ahli anatomi. Ide ini muncul ketika Galvani sedang membedah katak dan dia menyaksikan kaki katak tersebut bergerak-gerak. Galvani berfikir gerakan itu karena adanya gerakan listrik disekitarnya, misalnya kilat. Volta berusaha mengulangi penelitian yang sama, ia melakukan pada hari yang cerah disaat tak ada kilat. Melalui percobaan itu, Volta mengetahui dua logam yang menjepit kaki katak itulah yang menjadi sumber gerakan itu. Akhirnya Volta menyimpulkan bahwa otot katak yang basah bisa menyalurkan arus antara dua jenis logam yang berbeda. Selama bertahun-tahun Volta berusaha memodifikasi efek ini untuk menghasilkan arus yang bisa berjalan terus-menerus.
Sekitar tahun 1800, akhirnya ia  menemukan baterai basah yang pertama, yang dinamakan voltalic pile (alat Volta) atau yang lebih dikenal dengan sel Volta, yang selanjutnya dikembangkan menjadi baterai listrik.
Baterai listrik ini kemudian disempurnakan oleh para ahli sehingga bentuk dan ukurannya beranekan ragam seperti yang kita jumpai sekarang ini.
C.    PENGEMBANGAN KONSEP
Dengan penemuan arus listrik kontinyu oleh Alessandro Volta, maka manusia mulai mengembangkan penemuan ini dengan  membuat alat yang bisa menghasilkan panas, cahaya, dan efek magnetik. Penemuan konsep ini juga mengawali penemuan alat-alat listrik yang mampu menghasilkan gerak mekanis, seperti motor listrik atau dynamo sekaligus mengilhami pemikiran Michael Faraday untuk melakukan yang yang sebaliknya, yaitu menghaslkan listrik dan gerak magnet. Penemuan baterai basah merupakan konsep dasar pembuatan Acu. Serta konsep percikan listrik merupakan dasar dari pembuatan busi kendaraan bermotor.
D.     APLIKASI KONSEP
Penemuan Alessandro Volta sangat memberikan sumbangsi yang besar terhadap  perkembangan kehidupan manusia. Seperti baterai yang banyak digunakan pada alat-alat elektronika dan kendaraan bermotor.
Selain itu, konsep penemuannya yang lain berupa percikan listrik digunakan pada hampir pada semua jenis mesin yang  menggunakan bahan bakar minyak.
E.      PENGEMBANGAN KONSEP KE DEPAN
Dengan ditemukannya konsep baterai sebagai sumber arus kontinyu, maka saya membayangkan suatu saat bisa diciptakan sebuah baterai yang mempunyai daya yang besar sehingga bisa menggantikan fungsi BBM sebagai sumber energi penggerak mesin-mesin kendaraan bermotor. Atau dijadikan sebagai pembangkit listrik terbaru yang menggantikan posisi nuklir yang bisa membahayakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar