Jumat, 05 November 2010

hawking

STEPHEN HAWKING (1942 - ….?)

A. Riwayat hidup
Stephen William Hawking dilahirkan di Oxpord inggris pada tanggal 8 januari 1942 (tepat 300 tahun setelah kematian Galileo). Ayah dan Ibunya bernama Frank dan Isabel Hawking. Beliau mempunyai dua orang adik perempuan , Philipa dan mary serta seorang adik angkat, Edwar . Hawking menonjolkan bakatnya terhadap matematika dan fisika sejak kecil . pada usia 11 tahun Hawking sekolah di St. Albens si Hertfordshire, kemudian melanjutkan ke universitas Oxford dan hendak belajar matematika. Karena bidang matematika belum tersedia, maka sbagai gantinya ia belajar Fisika.
Pada tahun 1962, Hawking behasil menjadi lulusan terbaik si universitas Oxford dan diterima sebagai mahasiswa pancasarjana di Cambridge. Pada tahun ini juga Hawking terserang penyakit Amyotrophic Selerosis (ALS). Sejenis penyakit neuron motorik yang kelak menyebabkannya lumpuh dan tidak bisa bicara. Penyakit ini bisa disembukan dan dokter mendiagnosis dia tidak akan hidup melebihi 2 atau 3 tahun lagi . Tetapi dengan dorongan seorang wanita muda Jane Wilde (yang kemudian menjadi istrinya dan memberikanya tiga orang anak, Robert, Lucy dan Tmmy) dia tidak meratapi nasibnya. Beliau kemudian memili propesi fisika teoritis sebab bidang ini benar-benar hanya membutuhkan otaknya yang tidak terpengaruh sama sekali oleh penyakitnya. Hawking berjuang hidup jauh lebih lama dibanding dengan prediksi dokter walaupun hal ini dirasakan tidak mungkin.
Stephen Hawking telah menjadi pendukung model dentumen besar (big bang) sejak masa-masa awalnya sebagi mahasiswa pascasarjana. Hawking berhasil lulus menjadi doctor tahun 1963. Pada usia 23 tahun. Tetapi penyakitnya semakin memburuk dan secara nerangsur- angsur ia mulai kehilangan kemampuan menggunakan lengan, kaki dan suaranya, oleh sebuah perusahaan di California Hawking diajarkan menggunakan suatu program komonikasi yang disebut Living Centre. Dengan program ini ia dapat menulis buku dan makalah maipun berbicara dengan orang-orang dengan menggunakan piranti bicara yang dipasang dikursi rodanya System computer ini dikendalikan Hawking oleh “sensor kedipan” Inframerah yang dipasang pada cermin matanya .
Skarang Hawking adalah seorang Lucaeian professor of mathematics di Cammpirdgen. Ini merupakan jembatan paling bergensi didunia akademis, yang pernah diduki antara lain oleh paul Dirac. Charles Baddege dan Isacc Newton. Hawking mendalami fisika teoritis, khususnya kosmologi dan grafitesi kuantum. Professor hawking mempinyai 12 gelar akademis kehormatan, dihadiai oleh CBE pada tahun 1982 dan sebagai rekan kehormatan pada tahun 1989.
Hal yang bisa jadi panutan dari Strphen Hawking adalah semangat hidup dan percaya diri yang tampak dar wajahnya. Dalam keadaan lumpu si kursi rodadan tidak bisa bicara, dia mengatakan bahwa dia bisa melakukan apapun, bahkan dengan penyakitnya ALS-nya sekalipun, dan bahkan Stephen Hawking menggap dirinya sebagi seotang yang bernasib baik.

B. Konsep yang ditemukan
Pada tahun 1968 Stephen Hawking bergabung dengan staf di institute Ilmu perbintangan dicabridgen dan mulai menerapkan hokum termodinamika kelubang hitam dengan menggunakan rimus matematika yang sangat rumit. Pada tahun 1971, mulai bekerja sama dengan Roger penrose untuk memberikan dukungan matematika pada teori dentumen besar (big beng) mengenal alam semesta. Dengan Roger penrose, Hawking menunjukkan bahwa teori relativitas umum Eistein yang menyiratkan waktu dan dan ruang akan membuat suatu pernulaan big beng dan lubang hitam. Ia kemudian menyajikan teori matematika yang sangat rumit untuk mrndukung teori relativitas Einsiein benar, maka alam semesta harus mempunyai singularitas atau titik awal, yaitu titik permulaan dalam ruang waktu. Hal ini kenudian membuat ia menyatukan teori relativitas Einstein dan teori kuantum, yang merupakan pengembangan ilmiah yang terbesar yang menyankut separu abad 20 ini. Satu konsukuensi dari penggabungan itu yang ditemukan adalah lubang hitam tidak sepenuhnya hitam, tapi perlu memancarkan radiasi dan secepatnya menguap dan menhilang. Hawking juga mengajukan bahwa setelah detumen besar, lorong-lorong hitam mini telah dibentuk.
Pada tahun 1974, Hawking memperhitungkanbahwa lubang-lubang hitam menciptakan panas dan memancarkan partikel-partikel zarah-zarah subatomic secara termal sehingga menhabiskan energinya dan kemudian meledak. Hal ini kemudian dikenal sebagai radiasi Hawking. Teori ini merupakan teori yang pertama yamg memberikan kaitan matematis antara grafitasi, mekanika kuantumdan thermodinamika. Buku yang pertama diterbitkan antara lain The large structure of SpaceTime, Brief history of taem (1988), Bleck Hole and Baby Universe and Other Essays (1993) dan The Universe In a Nutshell (2001).

C. Pengembangan konsep sampai sekarang
Pada juli 2004, Hawking mengemukakan teori barunya tentang lubang hitam yang bertentangan dengan lepercayaan selama ini terhadap lubang-lubang hitam.Secara klasik. Kenyataan suatu benda yang melintas horizontal peristiwa suatu lubang hitam akan hilang dari alam semeta kita dapat situjukkan. Hawking sejak awal meceruskan ide bahwa ketunggalan dipusat lubang hgitam (singularitas) dapat membentuk jembatang Ke “beby Universe” (alam semesta bayi) dan benda–benda hilang dfalam lubang hitam bisa ditunjukkan kesana: Teori amat popular dalam sains fiksi. Tetapi menurut ide baru Hawking yang dipersembahkan dalam pertemuan antar bangsa ke- 17 di Dublin, Irelend, bahwa lubang-lubang hitam pada akhirnya alan memindahkan benda yang diterimanya dalam bentuk butir biji yang tidak tentu.

D. Apliksi Dalam Kehidupan
Pada astronom dan ilmuan mentukan struktur jagad raya dan menentukandan menganalisis gelombang-grlombang elektromagnetikyang berasal dari bintang-bintang dan galakai –galaksi yang menempati jagad raya. Dengan teori Radiasi Hawking, Lubang dapat dideteksi keberadaanya dengan deteksi sinar- X dari lubang hitam lebih dideteksi bila ia merupakan sebuah bintang kembar. Misalnya Signus X-1 yang merupakan libang hitam yang menyerap gas hasil ledakan nuklir bintang maha raksasa kembaranya.
Pada tanggal 12 Desember 1970 sarelit yang khususnya sipakai untuk mengamati pancaran sinar –X benda-benda langit, atas kerja sama lembaga-lembaga penelitian Italia dan Amerika Serikat. Satelit ini diberi nama satrlit Uhur, yamg kemudian mengedetipikasi pancaran sinar -X lain yang diduga berasal dari lubang hitam dan mendapatkan calon-calon lubang lain seperti V-861 scorpio, GX 339-4. SS 443dan Circinus X-2.
E. Konsep Kedepan yang Bisa Dikembangkan
Lubang hitam adalah pemusatan masa yang cukup besar sehingga menhasilkan gaya grafitasi yang sangat besar. Gaya grafitasi yang sangat besar ini mencegah apapun yang lolos sarinya. Medang grafitasi yang kuat sehingga kecepatan lepas didekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektomagnetik yang dapat lolos dari grafitasinya. Bahkan cahaya dapat masuk tetapi tidak dapat kelur atau melewatinya . secara teoritis, lubang hitam dapat memiliki ukuran apapun, dari mikroskopik sampai keukuran jagad raya dapat diamati.
Seandainya dalam masa dating ditemukan sebuah konsep yang bisa menciptakan sebuah alat yang memiliki kecepatan yang jauh lebih besar dari kecepatan cahaya, kemudian alat tersebutdapat mengantar kita kelubang hitam tampa terpengaruh gaya grafitasinya sehingga dapat menhindari singularitasnya . Kita mungkin dapat melewati lorong yang disebut “lubang hitam” dalam sains fiksi, sehingga dapat menemukan jagad raya lainya.
Tapi hal itupun terbentur apakah lubang cacing itu benar-benar ada. Dan kalaupun ada . apakah kita dapat melewati tampa menjadi potongan-potongan kecil seperti pada teori Stephen Hawking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar