WRIGHT BERSAUDARA
1. Sejarah Hidup
Wright bersauadara terdiri atas kakak beradik yaitu Wilbur Wriugaht dan Orville wright. Wilbur Wright lahir pda tanggal 16 April 1867, disebuah tanah pertanian di Indiana Ameriak serikat. Orville menyusul lahir pada tanggal 19 Agustus 1871, disebuah rumah berangka putih di Dayton, Ohio. . Kedua anak laki ini duduk di perguruan tinggi tetapi tak satu pun peroleh ijazah. Mereka adalah putera ketiga dan keempat Milton Wright, seorang pemuka gereja yang kemudian menjadi pendeta. Sesudah beberapa kali berpindah tempat antara Ohio, Indiana dan Lowa, pendeta ini kemuadian menetap bersama istrinya Susan wright dan anak-anaknya di Dayton tempat Orville Wright dilahirkan.
Masa kanak-kanak Wilbur dan orville tidak luar biasa. Mereka bersekolah seperti anak-anak lainya, dan kadang-kadang membolos. Uang saku yang mereka dapat hampir dihabiskan untuk memuaskan kegemaran mereka. Wilbur senang selancar, sedangkan orville sudah menempatkan bakat wiraswastanya dengan mengumpulakan logam-logam yang tidak terpakai
Mereka juga senang membuat sesuatu dengan kawan-kawannya. Orville membuat laying-layang dan menjualnya. Sementara itu , Wilbur berhasil menciptakn mesin pelipat Koran. Ia mendapatkan uang asku tambahan dari pekerjaan melipat lembar-lembaran halaman majalah gereja setempat dan sekaligus menjilitnya. Namun pekerjaan ini membuat ia merasa bosan karena itu ia memikirakan cara yang lebih baik. Ia mengotimasikan proses melipat itu menggunakan mesin yang diopersikan dengan genjotan mesin seperti yaqng digunakan untuk mesin jahit.
Sesungguhnya membuat sesuatu bukan hal yang aneh dalam keluarga itu, ibu anak-anak itu Susan Wrught gemar membuat dan memperbaiki barang keperluan mereka termasuk membuat kereta selancar untuk putera-puteranya. Suaminya tidak mempunyai kegemeran seperti itu, namun ia dengan bijaksana ia mendorong mereka. Ia senamg karena anak-anaknya mempunayai rasa ingin tahu yang besar sekali. Wilbur dan orville berpindah-pindah dari kegemaran yang satu kegemaran yang lain, boleh membaca buku apapun yang di inginkan dari perpustakaannya.
Tanpa disadari, pendeta itu sendidri menyaluti minat anak-anaknya kedalam dunia kedirgantaraan. Pada suatu hari akhir tahun 1870an ia pulang kerumah dengan oleh-oleh untuk anak-anaknya. Sebuah benda kecil terlontar dari tangannya dan sementara Wilbur dan Orville masih terngangah keheranan, benda itu masih mengapung ke langit-langit rumah.
Kalau itu terjadi sekarang, mainan itu dijadikan yang dijadikan oleh-oleh itu dinamakan “Helikopter-helikopteran”. Pada masa itu mainan itu dinamakn gasing cina. Tidak ada yang tahu kapan gasing cina itu tiba di Amerika dari daratan asia. Akan tetapi anak-anak Eropa telah memainkannya sejak awal abad kelima belas. Mainan yang dihadiakan kepada Wilbur dan orville tersebut adalh model terakhir waktu yang menggunakan tenaga karet yang dipuntir.
Gasing cina yang mudah pecah itu terus dimainkan sampai akhirnya pecah. Namun, anak-anak itu tidak kehilangan akal. Mereka membuiat membuat sendiri tiruannya. Bukan hanya sekali dua kali. Dan lebih dari itu, Wibur membuat yang lebih besar sampai akhirnya mereka mendaptkan bahwa yang terlalu besar ternyata sulit diterbangkan. Kenangan masa kecil ini terbawa sampai dewasa.
Dahulu, perbedaan usia emapt tahun diantara mereka telah menciptakan sebuah jurang yang sulit disebrangi. Memang, mainan-mainan seperti gasing cina kadang kadang dapat menjembatani jurang-jurang tersebut. Akan tetapi sebenarnya Wilbur lebih senang sibuk sendiri berolah dan membaca. Untuk beberapa lama, seolah olah wilbuir si pemikir dan Orville si calaon pengusuaha menempuh jalan hidup masing-masing. Walupun demikian terjadilah sesuatu yang merubah cara hidup mereka selam-lamanya. Penyebab bersatunya kakak beradik ini sadalah kesukaan Wilbur pada olah raga selancar baik dari segi keindahan dan keterampilan dalam seni akrobatik, mapun kecepatan dalam permainan hoki es. Tiba- tiba kegemaran itu terpaksa diakahiri. Dalam sebuah pertandinga haki es seorang lawan bermain tanpa sengaja menghantamkan tongkatynya kewajah Wilbur sehingga semua gigi depan pada rahang atas tanggal. Tetapi yang lebih menetukan, dalam pemeriksan dokter ternayata Wilbur juga mengidap kelainan jantung. Wilbur terpaks mengucaspkan selamat tinggal pada olah raga selancar dan juga olah raga lain dan harus menjalani hidup sebagai seorang setengan cacat.
Susan Wright wanita yang semula begitu aktif dan begitu tegar, dan kemudian juga sakit. Sakitnya sedemikian parah sehingga harapan untuk tipis sekali. Wilbur dengan setia menemani dan merawat ibunya, ia juga membantu Orville membuat mesin cetak pres yang baru. Kendati rancangannya aneh waktu sudah jadi alat itu mengundang pujian dari seoarang ahli percetakan yang melihatnya” hasilnya baik” kelihatnnya.
Susan Wright meninggal pada tahun 1889. Rumah di jalan hawhwon sekarang menjadi sepi karena dua anak yang tertua juga meninggalkan rumah itu. Akan tetapi perlahan-lahan kehidupan normal kembali. Kedudukan suasan Wright dalam rumah tangga itu digantikan oleh purinya Katarine. Meskipun ia anak yang paling mudah, ia mampu bertindak sebgai pengurus rumah tangga bagi ayahnya. Orville dan Wilbur yang memperoleh kesehatannya kembali. Sementara itu, akhirnya merasa bahwa jurang diantarantya keduanya telah merapat dengan sendirinya. Mereka menyukai hal yang sama dan berpikir denga pola yang sama , mereka sehati dan sejiwa dalam segala hal dan ini berlanjut sampai usia lanjut.
Wilbur Wright meninggal pada usia 45 tahun pada tanggal 30 mei 1912, ia meninggal akibat penyakit yang dideritanya sedangkan Orville Wright menibnggal pada usia 76 tahun pada tanggal 30 januari 1958.
2. Penemuan konsep
Semasa kanak-kanak di Amerika serikat bagian tengah, Wilbur dan Orville sangat meyukai mainan yang mereka sebuat gasing cina, kincir terbang yang melayang dengan tenaga tali karet. Kelak, ditoko sepeda mereka, kenangan masa kecil tadi tiba-tiba melahirkan gagasan untuk membuat mesin terbang yang dapat dikemudikan. Pada tahun 1896, mereka tertaqrik pada insinyur Jerman yang mencoba mengembangkan alat transportasi baru. Nama insinyur itu adalah otto Lilienthal dan eksperimen yang dicobanya adalah terbang.
Di Dayton, kabar tenatang kematian Lilienthal, serta operasinya terhadap kedirgantaraan ternyata membangkitkan sesuatu dalam diri Wright bersaudara. Dengan benak yang sarat dengan pertanyaan , mereka memulia ruset mereka di perpustakaan umum Dayton. Pada tahun 1899, Wilbur akhirnya mengirim sutrat ke Smithosina Instution yang terkenal di Washington. Kemudian lembaga itu mengirimi mereka bahan yang mencakup hamper semua dokumen tertulis tentang mekanika penerbangan. Mereka mempelajri semua yang telah didapatkan oleh oaring lain. Lalu mengapa belum ada yang berhasil ?. Dengan semangat menggebu mereka menjawabnya sendiri.
1. Masalah keseimbangan
Tentu saja masalah kekseimbangan harus dianggap sebagai masalh yang pointing. Pesawat miring sendiri kekiri atau ke kanan saat melayang di uadar tiadak hanya merepotkan tetapi bahkan membahayakan.
Wright berpendapat bahwa bila mesin terbang miring kekiri, sayap sebelah kekiri akan lebih rendah dibannding sayap sebelah kanan. Akan tetapi bentuk sayap dapt dfi ubah., maka sayap disebelsah kiri dapat diubauh edmikian rupa sehingga sudut terjangkauanya lebih besar disbanding sayap sebelah kanan. Sudut terjang yang lebih besar menghasilkan gaya angkat yang lebih besar pula. Dengan cara ini pesawat akan terbang seimbang lagi.
2. Bentuk Sayap
Pada suatu hari, ditoko mereka datan seorang pelenggan untuk membeli ban dalam baru. Wilbur menembalikan sebauah yang terbungkus dalam kotak tipis dari karton. Kemudian ketika asik mengobrol dengan pelanggan yang dikenalinya itu, secara iseng ia memuntir kotak pembungkus tadi. Ia memegang kotak itu pada kedua ujungnya, kemudian ssekali memuntirnya ke arah yang berlawanan. Ketiak di punter, kearah yang berlawanan ujung sebelah kanan yang mirting kebelakang. Pada separuyh kotak itu, bagian belakangnya turun sedangkan bagian depannya naik.
Dalam beberap propfil atau lengkungan pesawat mereka membuat sesuai denga hasil pada pengujian yang nereka lakukan dengan mengguanakn yterowongan angina.
Udara yang diterjang oleh aerofill terbelah menjadi dua bagian lewat sebelah tasa dan bawahnya, amak udara di atasnya akan lebaih mengalir lagi. Oleh sebab itu, alairan udara sebelah atas lebigh scepat darai pada disebelah bawah.
Sekarang sebuah kaidah fisika yang disebut hokum Bernoulli mulai bekerja. Hukum ini menyatakan bahwa apabila zat cair dipercepat maka tekan yang ditimbulkan pada permukaan sekitar berkurang. Oleh Karen itu, uadfar yang mengalir sebelah atas sayap menghasilkan tekanan yang lebih rendah disbanding udara yang mengalir disebelah bawah. Tekanan yang rendah ini menimbulkan suatu efek menghisap di atas sayap, yang sebut lift atau gaya angkat yang menraik aerofil keatas. Gaya angkat ini semakin besar bila gerak aerofil semakin dipercepat. Gaya lain yang bekerja menghalangi gerak maju prsawat adalah gaya hambat atau drag yakni gaya gesekan dengan udara ketika aerofil bergerak.
3. Tenaga Untuk Pesawat Terbang
Langkah berikutbya adalah mencari motor penggerak mereka, motor bensin tentu saja . Mereka menyurati pabrik-pabrik mobil dan menanyakan apakah mereka dapat membuat sebuah motor sangat khusus dan berdaya kuat tetapi beratnya tidak lebih dari 90 kg. Jawaban yang diperoleh ternayata mengecewakan. Akhirnya mereka membuat sendiri motor yang mereka perlukan, bahkan lebih dan lebih ringan dari pada yang perna mereka pesan. Kemudian mereka membuatkan baling-nbaliang yang menimbulakan gaya dorong. Pada tanggal 17 desember 1903, dibukit setan pembunuh Wilbur dan Orville Wright menjadi orang pertama yang berhasil menerbangkan pesawat bertenaga sendiri.
3. Pengembanan Konsep
Konsep yang ditemukan oleh Wright bersaudara merupakan dasar dan acuan darim perkembangan pesawat hingga sekarang. Dengan konsep yang sama, Pesawat terbang sekarang lebih modern dan bentuk yang beragam dan gerakkan semakin cepat, contoh pesawat jet dan lain-lain. Kemudian pesawat penumpang yabg mempuanyai aday tampung yan g lebih banyak.
Contoh lain dari perkembangan pesawat terbang sampai saat ini yakni berhasilnya dibuat pesawat ulang aling (Space Suttle), yang hingga saat ini NASA bersama Boeing, Jerman sudah melakukan riset pembuatan pesawat supersonic High Speed Cipil Transport yang mampu mengakut 250 hingga 300 penumpang , memiliki daya jelaja 9300 km mampu mencapai ketinggian sampai 20 km dengan keceaptan 2 sampai dengan 2,5 kali diatas keceapatan suara. Pesawt ini diramalkan muncul apad abad 21 ini.
4. Aplikasi Konsep
Wright bersaudara juga memberi sumbangan penting dalam hal perancangan sayap.. Inti utama dari percobaan ini adalah, kedua bersaudara itu mampu membuat bagan sendiri, memaparkan tentang tekanan udara terhadap sayap tergantung pada bentuk sayap itu. Keterangan ini kemudian digunakan dalam tiap pembuatan sayap pesawat terbang. Kendati banyak penyelidikan di bidang ini yang mendahuluinya, tak syak lagi Wright bersaudaralah yang bisa dianggap sebagai cikal bakal penemuan pesawat terbang. Tak bisa dibantah penemuan pesawat terbang merupakan fenomena sejarah yang penting, baik dalam hal penggunaan untuk tujuan-tujuan damai maupun perang. Hanya dalam tempo puluhan tahun sesudah itu, pesawat terbang telah membikin dunia kita ini begitu ciut bahkan ruang angkasa pun rasanya bisa disentuh jari. Dan lebih jauh dari itu, penemuan pesawat terbang bermuatan manusia merupakan pemula dan pembuka jalan bagi penerbangan di angkasa luar. Berabad lamanya terbang itu sudah menjadi impian manusia.
5. Pengembangan konsep kedepan
Pengembangan konsep kedepan untuk masalah keseimbangan diharapkan dapat ditemukan suatu alat yang berfungsi untuk selalu menyeimbangkan kedaan pesawat terbang tanp dipenagruhi oleh keadaan cuaca seperti cuaca buruk. Sehingga dengan alat ini dapat mengurangi bahaya kecelakaan saat mengudara.
Selain itu juga, untuk pengembangan konsep kedepannya pula diharapkan bias di desain model sayap seperti sayap kupu-kupu yang bias membantu penerbangan pesawat tanpa bahan baka dan baling-baling, dalam hal ini pusat tenaga pesawat terletak pada sayap tersebut.
Pertanyaan dan Jawabannya
1. Konsep apakah yang berhasil ditemukan oleh wright bersaudara?
Jawaban:
Konsep yang ditemukan oleh wright bersaudara adalah adalah konsep perancangan sayap pesawat terbang.
2. Kapankah Orville wright dan Wilbur wright mulai mendalami dan mempelajari pesawat terbang?
Jawaban:
Wilbur Wright dan Orville Wright memulai masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina.
3. Apa yang melatar belakangi wright bersaudara sehingga melakukan perancangan pesawat terbang?.
Jawaban:
Pada mulanya wright bersaudara tertarik dengan mainan gasing cina yang dibawa oleh ayah mereka sejak masa kecil. Mereka memainkan gasing cina itu hingga pecah dan akhirnya mereka mencoba membuat yang lebih besar lagi namun tidak bias mereka terbangkan, hal ini membuat mereka lebih mempelajari dan mendalami masalah-masalah penerbangan diperpustakaan mereka sendiri.
4. Bagaimana awal mula wright bersaudara melakukan peluncuran pesawat yang dibuatnya?
Jawaban:
Wright bersaudara belajar terbang dengan menggunakan pesawat peluncur. Mula-mula mereka mengamati cara kerja layang-layang, kemudian peluncur. Tahun berikutnya mereka membawa pesawat peluncur ukuran besar ke Kitty Hawk, di Carolina Utara, cukup untuk ditumpangi dan dapat mengangkat seorang manusia. Pesawat ini dicoba. Tampaknya hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Mereka membuat dan mencoba pesawat peluncur lengkap di tahun 1901 dan disusul dengan pe mbikinan tahun 1902. Pesawat peluncur ketiga ini merupakan gabungan dari pelbagai penemuan-penemuan penting mereka. Beberapa paten dasar, digunakan tahun 1903, berkaitan dengan pesawat peluncur itu ketimbang pesawat terbang pertama mereka. Mengenai pesawat peluncur ketiga itu mereka telah lebih dari seribu kali mengangkasa dengan berhasil. Kedua bersaudara Wright telah merupakan pilot pesawat peluncur terbaik dan paling berpengalaman di dunia sebelum mereka mulai membikin pesawat udara bermesin.
5. Jelaskan faktor apa yang membuat wright bersaudara berhasil melakukan rancangan pesawat terbang?
Jawaban:
Ada beberapa sebab yang membuat mereka berhasil. Pertama, dua kepala tentu lebih efektif dari satu kepala. Wright bersaudara senantiasa bekerja sama dan tunjang-menunjang dengan amat serasi dan sempurna. Kedua, mereka dengan cekatan mengambil keputusan bahwa mereka pertama mempelajari bagaimana cara terbang sebelum mencoba membuat pesawat terbang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar