Buat teman-teman yang bingung mencari judul penelitian, ini saya kasi beberapa judul penelitian PTK, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi.....
HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH) TAHUN 2006 YANG LOLOS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH) TAHUN 2006 YANG LOLOS
NO | JUDUL |
1. | Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007 |
2. | Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Produk Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar |
3. | Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Singaraja |
4. | Penerapan Pengajaran Konseptual Interaktif dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Singaraja |
5. | Implementasi Strategi 5E dengan Bahan Ajar Bermuatan Perubahan Konseptual sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi, dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Singaraja |
6. | Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Diklat Menyiapkan, Menyajikan Minuman Non-Alkohol Siswa II A1 SMKN 2 Singaraja |
7. | Pemberdayaan Prior Experience dalam Pembelajaran Modul Praktikum dengan Model Experential Learning sebagai upaya Meningkatkan Kompetensi Sains Siswa SMPN 2 Singaraja |
8. | Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Singaraja |
9. | Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP Lab. IKIP Singaraja |
10. | Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja |
11. | Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP |
12. | Implementasi Teori Belajar Action, Process, Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan Siklus: Activities, Class-Discussion, Exercise untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP |
13. | Implementasi Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja |
14. | Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 |
15. | Peningkatan Penguasaan EYD Karangan Narasi dengan Teknik Koreksi Teman Sebaya Siswa Kelas VI SD Anjasmoro 02 Semarang |
16. | Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode Presentasi Siswa Kelas Imersi SMP 1 Magelang Tahun Pembelajaran 2006/2007 |
17. | Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran PKPS melalui Program Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun Pelajaran 2006/2007 |
18. | Efektivitas Problem Solving dengan Memanfaatkan Alat Peraga dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII B SMP Negeri 2 Demak Tahun 2006 |
19. | Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB |
20. | Peningkatan Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi Lingkungannya melalui Penggunaan Peta Konsep pda Pembelajaran Sosiologi Kelas VII SMPN 1 Aikmel |
21. | Strategi Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN 1 Selong |
22. | Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Madrasah Aliyah Negeri Selong |
23. | Upaya Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa Kelas X2 SMA PGRI 1 Lubuk Linggau dengan Menggunakan Pendekatan Genre-Based Approach |
24. | Kolaborasi Pendekatan Struktural dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Diskusi dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Linggau |
25. | Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Instrinsik Dongeng Melalui Teknik Bercerita Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Lubuk Linggau |
26. | Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Lubuk Linggau Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan Journalist's Questions |
27. | Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Sains Siswa Kelas IV dengan Pendekatan Kontekstual pada Sekolah Dasar Negeri 6 Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan |
28. | Upaya Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model Direct Instruction Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika (Studi pada Siswa Kelas I-1 SMPN 12 Langsa) |
29. | Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas 7 SMPN 1 Kotamadya Bengkulu |
30. | Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Metode Investigasi Kelompok |
31. | Pengkombinasian Problem Possing dan Cooperative Learning untuk Pengajaran Matematika di Kelas Unggul pada SMP Rintisan Sekolah Standar Nasional |
32. | Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-B SMPN 5 Kendari Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Paire-Share |
33. | Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas III IPA SMA Negeri 8 Kendari Melalui Model Pembelajaran Inquiri |
34. | Meningkatkan Keterampilan Merumuskan Kesimpulan Melalui Penggunaan Peta Konsep pada Pengelompokan Makhluk Hidup Mata Pelajaran Sains-Biologi di Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Kendari |
35. | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tongkat Estafet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan (Kaji Tindak di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kendari) |
36. | Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI SD Negeri 32 Poasia Kendari dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Melalui Pendekatan Matematika Realistik |
37. | Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pokok Bahasan Statistika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari |
38. | Penerapan Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA Negeri 5 Kendari |
39. | Efektivitas Model Pembelajaran Rogers dalam Mengatasi Kesulitas Siswa Memahami Konsep Matematika Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaristma di Kelas X Madrasah Aliyah Pesri Kendari |
40. | Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas X SMAN 4 Kendari dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif |
41. | Upaya Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Raklin dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri No. 9 Mandonga |
42. | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Melalui Penerapan Strategi Concept Mapping pada Kelas II.2 SMPN 12 Kendari |
43. | Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif Teks Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning |
44. | Meminimalkan Kesalahan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas II MTsN Kenali Besar Jambi Melalui Penggunaan Pita Garis Bilangan |
45. | Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Inggris di SMPN 1 Jember melalui Learning Community dengan Teknik Permainan Komunikatif |
46. | Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMP 1 Jember melalui Cerita |
47. | Pembelajaran Sain Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Academic Skill Siswa MI Miftahul Ulum Serut 02 Jember |
48. | Penerapan Metode Pembelajaran Konsultatif (Sebuah Inovasi dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember |
49. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Kontekstual |
50. | Meningkatkan Pemahaman Siswa SLTPN 8 Jember tentang Kesebangunan dengan Penemuan Terbimbing (Guide Discovery) |
51. | Penerapan Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada Siswa Kelas III di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2005 - 2006 |
52. | Peningkatan Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh (Hubungannya dengan Kehidupan Manusia dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan Group Discussion di SDN Kranjingan 3 Sumbersari-Jember |
53. | Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi M2E (Mapping, Matrix, & Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 5 Banjarmasin |
54. | Mengatasi Miskonsepsi Siswa Kelas III SMPN 24 Banjarmasin pada Materi Ajar Listrik Dinamis dengan Menerapkan Teknik Pemodelan dalam Setting Pembelajaran Generatif |
55. | Meminimalkan Kesalahan Siswa Kelas III-IPA SMAN 1 Banjarmasin dalam Menyelesaikan Persamaan Trigonometri Melalui Strategi Konflik Kognitif dan Problem Solving dalam Pembelajaran Kooperatif |
56. | Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Mengatasi Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat Heterogenitas Kemampuan Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin |
57. | Memanfaatkan Metode Debat Secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman Bioetika pada Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI MAN 1 Banjarmasin |
58. | Implementasi Pendekatan Pembelejaran Kooperatif dalam Pembelajaran Biologi Semester Gasal Tahun Ajaran 2005/2006 untuk Mengatasi Rendahnya Pemahaman Siswa Kelas IIIB SMPN 21 Banjarmasin |
59. | Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas X Semester I SMA Swadhipa Natar melalui Penerapan Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan |
60. | Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Wacana Berbahasa Inggris Siswa Kelas XI dengan Text-Based Listening di SMAN I Natar Lampung Selatan |
61. | Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 5 Bandar Lampung melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) |
62. | Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar di SMPN I Pugung Kabupaten Tanggamus |
63. | Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMA YP UNILA Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2005/2006 |
64. | Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan |
65. | Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw di SMP Negeri 2 Mataram Kelas VIII |
66. | Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab melalui Permainan (Studi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang) |
67. | Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Sains di SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2005/2006 |
68. | Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural Think-Pair-Share) Siswa SMA Negeri I Metro Tahun Pelajaran 2006/2007 |
69. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN 3 Metro Lampung |
70. | Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Bersama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Lingkungan Siswa Kelas III SDM Kota Metro |
71. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Kelas VII di SMP Negeri 3 Metro Tahun 2005 |
72. | Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengintegrasikan Nilai-Nilai Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2006/2007 |
73. | Model Penemuan dan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Realistik pada Pembelajaran Matematika di SD Pertiwi Teladan Metro Tahun Pelajaran 2005/2006 |
74. | Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Maryam Surabaya dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
75. | Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTP Muhammadiyah 5 Surabaya |
76. | Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Melalui Pola Latihan Berjenjang |
77. | Peningkatan Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Sumbang melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Discovery |
78. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Menggunakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas |
79. | Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pelajaran Sejarah melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto |
80. | Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2006 - 2007 |
81. | Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournaments) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi di SMP Negeri 4 Purwokerto) |
82. | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi dan Partisipasi Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA Negeri II Samarinda |
83. | Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi Cakung Jakarta Timur |
84. | Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Realistik Matematik di SDN Mekarsari 06 Tambun - Bekasi |
85. | Implementasi Portofolio Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan hasil Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa |
86. | Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang Diintervensi dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMU |
87. | Efektivitas Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil IPA di SDN 62 Pare-Pare |
88. | Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 10 Watampone |
89. | Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA Negeri 21 Makassar |
90. | Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri 24 Makassar |
91. | Model Pembelajaran Seni Rupa di SMU Negeri 2 Malang dengan Penggunaan Desain Media Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak |
92. | Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri I Tumpang - Malang |
93. | Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Pembelajaran PSKn Kelas IV di SDI Sabilillah Malang |
94. | Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan Proses Membaca dalam Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit Kota Blitar |
95. | Penerapan kegiatan Hands on Activity dan Modified Discovery-Inquiry pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang |
96. | Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Malang |
97. | Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang |
98. | Penggunaan Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Komunikasi Total untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di SLB Bagian B YPTB Malang |
99. | Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang |
100. | Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui Pemanfaatan Pertanyaan "Bagaimana Jika …" pada Siswa Kelas X MAN Malang I |
101. | Peningkatan Pemahaman Geografi dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Kerangka Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kelas X SMA Negeri I Batu |
102. | Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan Tingkat Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27 |
103. | Implementasi Konseling Perkembangan dalam Pembelajaran sebagai Model Pembiasaan Perilaku Belajar Siswa SD Negeri 064018 di Medan Sunggal |
104. | Upaya Peningaktan Keaktifan Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Latihan pada Pembelajaran Teknik Tailoring Kelas II A Semester 3 SMKN 6 Padang |
105. | Upaya Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan Konsep Esensial dan Peta Konsep di Kelas 2 SMP 7 Padang |
106. | Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model Mengajar Perubahan Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP Pembangunan KORPRI UNP |
107. | Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan Prinsip Fisika di Kelas 1 SMA 3 Padang |
108. | Upaya Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negei 7 Padang |
109. | Usaha Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui Pendekatan Penyajian Garis Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA |
110. | Pemaksimalan Kompetensi Siswa Kelas X SMA 3 Semarang dengan Pendekatan Penerapan Penelitian dalam Pembelajaran Kimia |
111. | Meningkatkan Kompetensi Dasar Siswa Kelas IX SMP 25 Semarang dalam Pokok Bahasan Lingkaran melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TGT Bercirikan CTL |
112. | Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Kimia sesuai KBK 2004 di Kelas X SMA Negeri 5 Semarang dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD |
113. | Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi FPB dan KPK dengan Mendayagunakan Alat Peraga dan Serangkaian Pertanyaan Kognitif di SD Sekaran 01 Semarang |
114. | Optimalisasi Pontensi Unggulan Lokal dalam Pembelajaran Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Semarang, sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi |
115. | Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Kerja Ilmiah pada Pembelajaran PA-Biologi di SMP Negeri 40 Semarang |
116. | Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati melalui Penerapan Model Investigasi Kelompok di SMA 9 Semarang |
117. | Penggunaan Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa Kelas I SMP Negeri 9 Semarang |
118. | Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa Kelas 3 SD Sampangan 04 Semarang |
119. | Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA |
120. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah di Kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo melalui Penerapan Asesmen Autentik |
121. | Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum |
122. | Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Anak Autis melalui Implementasi Pendekatan Individualized Education Program (IEP) di SDN Inklusif Klampis Ngasem 1-246 Surabaya |
123. | Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Kontekstual Model Berkemah dan Media Pembelajaran Lingkungan di SD |
124. | Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan Konsep secara Mandiri di SMPN 21 Surabaya |
125. | Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotor melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Jombang |
126. | Penerapan Perangkat Pembelajaran Inovatif dalam rangka Peningkatan Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertajaya XIII Surabaya |
127. | Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Porong |
128. | Menciptakan Iklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui Snowball Drilling Method |
129. | Penerapan Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Surabaya |
130. | Penggunaan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas II SDN Jepara 2 Surabaya |
131. | Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Keterampilan Scientifik dalam Mata Pelajaran Fisika di SMUN 1 Depok Slemant Yogyakarta |
132. | Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Kelas V dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Cooperative Learning |
133. | Perbaikan Teknik Menyanyikan Nada-nada Melodi melalui Teknologi MIDI di SD Negeri Kalasan I - Yogyakarta |
134. | Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1 Palangkaraya dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan Reinforcement |
135. | Peningkatan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses dan Media Gambar di Kelas II SDN Menteng 6 Palangkaraya |
136. | Penerapan Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika Bermediasi RME untuk Penalaran dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa Kelas II SMUN 3 Palangkaraya |
137. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir dalam Proses Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMA Negeri-1 Palangkaraya |
138. | Model Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian Siswa Mengemukakan Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA Pasundan 2 Bandung |
139. | Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Menulis Proses dan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang |
140. | Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Menulis Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode VAKT di SD Permata Hijau Rancaekek Kab. Bandung |
141. | Pelaksanaan Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada Struktur dalam rangka Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA PGRI Cililin Kab. Bandung |
142. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Gejala-Gejala Alam dengan Menggunakan Media Pembelajaran Mock Up di Sekolah Dasar Negeri Embong 2 Bandung |
143. | Optimalisasi Penggunaan Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Sains di SDN Puncakmulya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya |
144. | Dramatisasi Cerita Bergambar untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Berekspresi Sastra di Sekolah Dasar |
145. | Pemberdayaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru |
146. | Peningkatan Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Jetis, Bantul Yogyakarta |
147. | Pemakaian bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika pda Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta |
148. | Penggunaan Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities) dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. |
149. | Penggunaan Software SIG Khusus dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG pada Pembelajaran Geografi di SMAN I Surakarta |
150. | Peningkatan Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial dengan Teknik Jigsaw di SMP Negeri 17 Palembang |
151. | Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia di SMA Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan Authentic Assessment |
152. | Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II SMP Negeri 52 Palembang melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw |
153. | Peningkatan Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa Madrasah Ibtidiyah Aliyah II Palembang melalui Strategi Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis |
154. | Penerapan Strategi Suggestopedia dalam upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 1 Palembang |
155. | Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Teknik Tell Me What You See I pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang |
156. | Peningkatan Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris melalui Supervisi Klinis di Kelas VII Koalisi SMP Negeri 1 Palembang |
157. | Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah (SMA) Negeri I Balaraja Kabupaten Tangerang - Banten |
158. | Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang |
159. | Pemanfaatan Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu |
160. | Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu terhadap Konsep Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar |
161. | Penerapan Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan di Kelas VII SLTP Negeri 1 Palu |
162. | Pendekatan Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia dalam Pembelajaran Kimia kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa SMA Negeri 6 Palu |
163. | Implementasi Perangkat Model Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas II SMP Negeri 1 Palu |
164. | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Palu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di Laboratorium. |
165. | Penerapan Pendekatan Struktur Konsep untuk Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Konsep Fisika dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 19 Palu |
166. | Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment |
167. | Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 2 Dolo) |
168. | Implementasi Perangkat Model Geometri Molekul dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Teori Domain Elektro dan Gaya Antarmolekul di Kelas XI SMU Negeri 1 Palu |
169. | Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program Interactive Atlas 2002 untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Region Siswa Kelas IX SMPN 4 Sindue |
170. | Meningkatkan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Siswa tentang Kinematika Melalui Pembelajaran Multimodel Berbasis CTL pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kabupaten Pontianak |
HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN (RESEARCH FOR INSTRUCTIONAL IMPROVEMENT) TAHUN 2006 YANG LOLOS
NO | JUDUL |
1 | Penerapan Strategi Elaborasi (Review, Self-Quest, Clarification) dan Pengajuan Masalah Menggunakan Bantuan Materi Ajar |
2 | Implementasi Pembelajaran Berwawasan Konstruktivis Dengan Metode PQRST Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Aljabar dan Trigonometri |
3 | Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan |
4 | Meningkatkan Kualitas Praktikum Kimia Anorganik dengan Menerapkan Paket Percobaan Bersiklus |
5 | Peningkatan Kemandirian Belajar dan Literasi Sosial-Budaya Mahasiswa Melalui Pengembangan Modul Belajar Yang Berwawasan Sosial-Budaya |
6 | Penggunaan Media Skripsi Dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis Karya Ilmiah |
7 | Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat, Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar Mahasiswa |
8 | Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Melalui Metode Membaca SQ3R dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca II di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP PGRI Semarang |
9 | Penerapan Model Tahapan Pembelajaran Gagne untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Matakuliah Peralatan Konstruksi |
10 | Optimasi Proses dan Hasil Perkuliahan KDM Dengan Menggunakan Model Perkuliahan Problem-Based Teaching dan Problem-Based Learning |
11 | Pengembangan Pembelajaran Teknologi Perkerasan Jalan Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan |
12 | Peningkatan Kualitas Perkuliahan Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Teknik Pemodelan, Praktik Kerja, dan Supervisi Klinis |
13 | Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Melakukan Penilaian Autentik (Authentic Assesment dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Dalam Matakuliah Evaluasi Pendidikan) |
14 | Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Dasar Mahasiswa Pendidikan Kimia UM dengan Strategi Learning Cycle-Cooperative 5E (LCC-5E) |
15 | Pengembangan Paket Tutorial Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persoalan Mekanika |
16 | Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik |
17 | Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok (IK) Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Praktikum Fisiologi Hewan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang |
18 | Penggunaan Journal Respon Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Membaca Ekstensif Program Pendidikan S-1 Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang |
19 | Upaya Meningkatkan Apresiasi Mahasiswa Dan Kualitas Pembelajaran Filsafat Sejarah Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning / CTL) |
20 | Pengembangan Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Ativitas Mahasiswa Pada Statistika Matematika I |
21 | Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Argumentatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Melalui Asesmen Portofolio |
22 | Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember Pada Mata Kuliah PPKn |
23 | Peningkatan Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Kalkulus II Dengan Model Standart NCTM |
24 | Pemanfaatan Tehnologi Informasi Pada Perkuliahan Pendidikan Matematika I Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember |
25 | Peningkatan IPK Matakuliah Aljabar Linear Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Modul Dan CD Interaktif |
26 | Penerapan Pendekatan Model Pembelajaran Buzz Group Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Fisika FKIP Universitas Jember Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian |
27 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Manajemen Busana Tailoring Melalui Program Remedial |
28 | Pengembangan Perangkat Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Pada Matakuliah Rangkaian Listrik I di Jurusan Elektro UNESA |
29 | Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Unesa Melalui Penerapan Modul Pembelajaran Multimedia Interaktif Matakuliah Ilmu Gizi |
30 | Penggunaan Strategi Pengajuan Masalah (Problem Posing) Untuk Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Membuktikan Teorema Pada Matakuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM) |
31 | Pengembangan Asesmen Berbasis Kompetensi Dalam Pembelajaran "Demografi" di Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Surabaya |
32 | Peningkatan Perolehan Belajar Mahasiswa Melalui Rekonstruksi Matakuliah Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral dengan Pendekatan Konstekstual |
33 | Peningkatan Kualitas Matakuliah Kimia Analitik II Melalui Pengembangan Bahan Pembelajaran Berorientasi Prinsip Belajar Konstruktivis |
34 | Latihan Mengorganisasi Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Mahasiswa Program S1 Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi |
35 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar I Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Dengan Pendekatan Konstruktivisme Model Kooperatif Tipe Jigsaw II di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya |
36 | Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Konstruktivisme Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar I |
37 | Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Kriya Dalam Mata Kuliah Psikologi Malalui Teknik Jigsaw |
38 | Memaksimalkan Kemampuan Mengubah Kosakata Menjadi Kelompok Kata Yang Bermakna Kolokasi Pada Mata Kuliah Semantik Dengan Menggunakan Teknik "Treasure Hunt Game" Pada Mahasiswa Genap T. A 2005/2006 Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Budaya |
39 | Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Kimia Dasar I Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Problem Posing |
40 | Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Melalui Penerapan Penilaian Berbasis Kelas (Studi pada Mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA-FKIP Universitas Haluoleo) |
41 | Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNHALU Pada Matakuliah PDM Melalui Keterampilan Penalaran Formal |
42 | Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Persamaan Diferensial Melalui Efektivitas Umpan Balik Tes Formatif Dengan Metode Diskusi |
43 | Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matakuliah Fisika Statistik Melalui Metode Latihan Berstruktur Dan Pengajaran Langsung (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA FKIP UNHALU) |
44 | Pengembangan Kreativitas Mengajara Dosen Dalam Rangka Peningkatan Penguasaan Metodologi Penelitian Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Sejarah |
45 | Penerapan Tutorial Berbantuan Komputer Pada Mata Kuliah Fisika Matematika I Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Haluoleo |
46 | Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Hukum Tata Negara Melalui Penerapan Penilaian Berbasis Sekolah (Studi Pada Mahasiswa S-1 PPKN Jurusan Pendidikan IPS-FKIP UNHALU) |
47 | Penerapan Model Pembelajaran Latihan Penelitian Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Kimia Lingkungan Berbasis Kompetensi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Bengkulu) |
48 | Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis Cerpen Secara Berjenjang Melalui Pengamatan Peristiwa Sehari-Hari (Experiencial Learning) |
49 | Optimalisasi Kemampuan dan Aktivitas Mahasiswa Pada Pembelajaran Kimia Polimer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif |
50 | Peningkatan Mutu Pembelajaran Matakuliah Kimia Organik I Melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Model CLIS |
51 | Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Hukum Pidana |
52 | Pengembangan VCD Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Matakuliah Kimia Analitik I |
53 | Penggunaan Media Animasi dan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah Statistika Sosial |
54 | Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matakuliah Demografi Teknik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung |
55 | Visualisasi Fenomena Sistem Kendali untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matakuliah Dasar Sistem Kendali (Studi Kasus pada Mahasiswa Teknik Elektro FT-UNILA) |
56 | Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Pada Penggunaan Komputer Dalam Sistem Tenaga Listrik Melalui Penggunaan Program Simulasi Berbasis Matlab |
57 | Penerapan Teknik Penerjemahan/ Ãœbersetzung Berdasarkan Makna Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerjemahkan Mahasiswa Bahasa Jerman |
58 | Pemanfaatan Bahan Ajar Dari Internet Pada Matakuliah Drama Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif (Penelitian Tindakan Kelas) |
59 | Penggunaan Model Kooperatif Pada Pembelajaran Kapselmat HI Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa |
60 | Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran Sintaksis Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Teori Kelinguistikan |
61 | Pembelajaran Genetika Menggunakan Model pencapaian Konsep Berbasis Konstruktivisme Pada Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNJ |
62 | Pengaruh Pendekatan Konstruktivitas Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Mahasiswa PGSD UNJ |
63 | Mengembangkan Bahan Ajar Mata Kuliah Permodalan Koperasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa |
64 | Meningkatkan Kemampuan Hitung Integral Mahasiswa Matematika FKIP Universitas Jambi Melalui Penerapan Model Pencapaian Konsep |
65 | Penggunaan Model Pemberian Tugas Terstruktur dan Mandiri Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar |
66 | Peningkatan Kinerja Mahasiswa Pada Matakuliah Teori Bilangan Melalui Pelaksanaan Asesmen dan Tutorial Akademik |
67 | Meningkatkan Penguasaan Konsep Kelistrikan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Melalui Pemberian Tugas Awal Terstruktur |
68 | Peningkatan Kualitas Penilaian Matakuliah Kalkulus I dan II Melalui Pemberian Quiz Berlapis dengan Umpan Balik Disertai Catatan |
69 | Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Siklus Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro |
70 | Peningkatan Kualitas Perkuliahan Kimia Organik Dengan Penerapan Pembelajaran Koopraetif (Tipe Stad) Melalui Pendekatan Siklus Belajar (Learning Cycle) Mahasiswa Pendidikan Biologi, Kurusan Pendidikan MIPA, FKIP UM Metro Semester Ganjil TA 2006/2007 |
71 | Upaya Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Perkuliahan Scientific Writing melalui Model Pengajaran Social Inquiry |
72 | Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pemrograman Terstruktur Melalui Pembelajaran CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) |
73 | Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Nilai-nilai Demokrasi Mahasiswa |
74 | Pembelajaran Kreatif Produktif Matakuliah Morfologi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya |
75 | Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Dalam pembelajaran Pokok Bahasan Demokrasi Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan Negara Di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) UMS 2005/2006 |
76 | Optimalisasi Group Presentation Task Melalui Evaluasi Partisipasi Dalam Pembelajaran Tefl (Teaching English As a Foreign Language) |
77 | Peningkatan Analysis Skill Dan Problem Solving Melalui Group Investigation Method |
78 | Meminimalisasi Kesalahan Konsep Bentuk Geometri Molekul Dan Elektronik Dalam Mata Kuliah Ikatan Kimia Dengan Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) |
79 | Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Strategi Tugas Kelompok Kecil Penegasan Indikator Kompetensi Dan Penerapan Evaluasi Berbentuk Portofolio (Penelitian Pada Mata Kuliah Fisika Matematika 2) |
80 | Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Peningkatan Kreatifitas Berpikir Pada Mata Kuliah Dasar-dasar PBM Biologi FKIP Universitas Mulawarman |
81 | Implementasi Model Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Teknik Digital |
82 | Mengefektifkan Pembelajaran Praktikum Dasar-dasar Kimia Analitik Melalui Penugasan Perencanaan percobaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains |
83 | Pemanfaatan Program Animasi Sebagai Salah Satu Model E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Terbentuknya GGL Induksi Pada Perkuliahan Mesin Listrik Dasar |
84 | Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Fisika Matematika I Dengan Aplikasi MS Excel Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Fasilitator Tutor Sebaya |
85 | Optimalisasi Kemampuan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Program Asesmen Dan Tutorial Akademik Mahasiswa |
86 | Meningkatkan Apreasiasi Matakuliah Geometri Analitik Dengan Proyek Simulasi Maple Pada Mahasiswa Jurusan Matematika UNNES |
87 | Upaya Meningkatkan Keterampilan Menari Tari Klasik Gaya Surakarta Melalui Pendekatan Apresiasi |
88 | Penerapan Kegiatan Laboratorium Inkuiri Pada Matakuliah Praktikum Fisika Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Bekerja Ilmiah |
89 | Upaya Mengatasi Kelemahan Mahasiswa Dalam Perencanaan Sistem Listrik Industri Melalui Pemanfaatan CAD (Computer Aided Design) |
90 | Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Naskah Pembelajaran Melalui Pendekatan Belajar Tuntas Pada Matakuliah Sinematografi |
91 | Upaya Peningkatan Kualitas Perkuliahan HAM Melalui Metode Komunikasi Reflektif Pada Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FIS UNP |
92 | Model Asesmen Berbasis Komputer Sebagai Sarana Penilaian Hasil Belajar Kurikulum Berbasis Kompetensi |
93 | Pengembangan CD Rom Pembelajaran Fisika Dasar I Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Membantu Mahasiswa Tahun Pertama Dalam Mempelajari Konsep Fisika Secara Terpadu |
94 | Upaya Mengatasi Miskonsepsi Melalui Pendekatan Konseptual pada Matakuliah Fisika Dasar 1 di Jurusan Fisika FMIPA UNP |
95 | Pengembangan Model Pengembangan Pada Matakuliah Teknik Pembuatan Busana I Melalui Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) |
96 | Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Metode Latihan dan Pemberian Tugas Pada Matakuliah Desain Busana I Mahasiswa PKK FT UNP |
97 | Implementasi Siklus ACE untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ALE di Jurusan Matematika FMIPA UNP |
98 | Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI) |
99 | Meningkatkan Pertisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dan Sistem Asesmen Berbasis Kompetensi |
100 | Peningkatan Kualitas Perkuliahan Morfologi dengan Menggunakan Kamus Melalui Metode Discovery Pada Mahasiswa Semester III |
101 | Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pengamatan Media Gambar dan Preparat Secara Intensif Pada Materi Jaringan Tumbuhan |
102 | Peningkatan Kualitas Berpikir Kritis Dalam Perkuliahan Analisis Kesulitan Menulis Melalui Penilaian Berbasis Kelas |
103 | Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Materi Luas dan Volum Benda Putar Dengan Mengintentensifkan Pembelajaran Menggambar Grafik |
104 | Pengembangan Modul Pembelajaran Profesi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa PPKn FKIP UNPAS |
105 | Memaksimalkan Proses dan Kualitas Produk Melalui Penerapan Model "Deconstruction-Construction" Dalam Matakuliah Writing III Untuk Mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram |
106 | Optimalisasi Pembelajaran Matakuliah Strategi Pembelajaran PKn Melalui Implementasi Pendekatan Kompetensi (Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Semester IV Prodi FKIP Unram) |
107 | Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mahasiswa D2 PGSD FKIP Universitas Mataram Pada Matakuliah Konsep Dasar IPS Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual |
108 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II Dengan Stategi Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif |
109 | Pengembangan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Permasalahan Lingkungan |
110 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Kimia Fisika I FKIP UNSRI Melalui Pembentukan dan Pemberdayaan Kelompok Kecil Mahasiswa |
111 | Upaya Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi Sel Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNSRI melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif |
112 | Peningkatan Kemampuan Menulis Feature Melalui Gaya Penulisan Sastra Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNSRI |
113 | Peningkatan Pembelajaran English for Young Learners Melalui Penerapan Teknik Praktis Bagi Mahasiswa Semester 4 D-II PGSD FKIP Universitas Sriwijaya |
114 | Pengembangan Keterampilan Mengajar Sejarah Melalui Model Individual Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Oleh Mahasiswa Program Studi Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya |
115 | Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus II yang "Mengalir" Pada Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya |
116 | Pemanfaatan Multimedia Dikombinasi Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep Mekanisme Reaksi Senyawa Organik |
117 | Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Matakuliah Termodinamika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
118 | Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Pengantar Dasar Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif |
119 | Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Matakuliah Kalkulus II Melalui Penggunaan Maple (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako) |
120 | Pembelajaran Interaktif Pada Topik Barisan (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako) |
121 | Mengefektifkan Pembelajaran Geometri Transformasi Melalui Pendekatan Implementasi Perangkat Alat Peraga Model Bangun Rotasi dan Translasi |
122 | Pembelajaran Mikrobiologi Dengan Pendekatan PBM Arcs - Model Dan Ketrampilan Proses |
123 | Penggunaan Alat IS-3-A Untuk Meningkatkan Kpmpetensi Mahasiswa Tentang Fungsi Keadaan Pada Mata Kuliah Kimia Fisik I |
124 | Penerapan Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat |
125 | Peningkatan Kualitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Kimia Dasar II Melalui Model Kooperatif Tipe STAD |
126 | Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Pada Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Administrasi Perkantoran |
127 | Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik dan Algoritmik Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin |
128 | Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Analitik Terhadap Keterampilan Pneumatik Mahasiswa Teknik Mesin UNY |
129 | Upaya Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Matakuliah Civilisation II Pendidikan Bahasa Perancis Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi |
130 | Desain Model Instalasi Pelapisan Logam Dekoratif Metode Electropating Untuk Pembelajaran Praktikum |
131 | Desain Model Komponen Pneumatik Dan Efektifitasnya Dalam Memperbaiki Kesalahan Konsepi Mahasiswa |
132 | Pengembangan Program Praktik Konseling Individual Berdasarkan Analisis Terhadap Latihan Keterampilan Konseling Mahasiswa |
133 | Pengembangan Strategi Pembelajaran Evolusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Secara Kostruktivistik Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Memahami Konsep-Konsep Evolusi |
134 | Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching ana Learning (CTL) Dalam Matakuliah Politik Hukum Di Jurusan PMPKN-FPIPS UPI |
135 | Peningkatan Penguasaan Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Psikologi Organisasi Melalui Studi Dan Forum Simposium |
136 | Pengembangan Model Pembelajaran STS (Science Technology-Society) Untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa Terhadap Matakuliah Ekologi Manusia |
137 | Model Pembelajaran Yang Memadukan Pendekatan Konseptual Interaktif dan Strategi Problem Solving Untuk Perkuliahan Fisika Dasar II |
138 | Kemampuan Menggambar Karakter Model Melalui Pengolahan Unsur Visual Pada Matakuliah Gambar IV B |
139 | Model Pembelajaran Hipermedia Kinematika Partikel Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa |
140 | Pengembangan Model Writing Workshop Dalam Matakuliah Ecrire IV Melalui Internet Berbasis Konsep Hipermedia Sebagai Inovasi Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa |
141 | Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya Pada Matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD Program S1 PGSD Universitas Terbuka |
142 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar