RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 7
Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester :
X /1
Pertemuan ke :
7
Alokasi Waktu :
3 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran
fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
C. Indikator
1. Menganalisis gerak lurus dengan kecepatan konstan
2. Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
3. Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat memformulasikan persamaan kelajuan dan kecepatan
2.
Siswa dapat mengidentifikasi grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
3. Siswa dapat
menentukan perpindahan serta jarak dari sebuah benda pada gerak lurus
beraturan
4.
Siswa dapat mengidentifikasi karateristik gerak lurus berubah
beraturan
5.
Siswa dapat menentukan kedudukan benda pada jarak tertentu
6. Siswa dapat menentukan Perpindahan dan jarak
suatu benda pada Gerak Lurus berubah beraturan
A. Materi Pokok :
1. Gerak Lurus Beraturan
a.
Pengertian GLB
b.
Perpindahan dan Jarak
2. Gerak Lurus
Berubah Beraturan
a.
Pengertian GLBB
b. Perpindahan dan jarak
pada GLBB
F. Metode
Pembelajaran
1. Model
pembelajaran : Direct Intruction (
pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
G. Sumber/Alat
dan bahan Belajar
1. Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal.
3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta,
Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
2.
Alat dan bahan : Bahan Presentase, LKS.
H. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
Pembelajaran :
1.
Kegiatan Awal (15’)
a.
Prasyarat Pengetahuan
Menanyakan materi yang dipelajari
sebelumnya.
b.
Motivasi
Apakah ciri-ciri gerak lurus
beraturan?
2.
Kegiatan Inti (90’)
a. Guru mempersiapkan siswa
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Guru menuliskan persamaan kelajuan dan kecepatan
d. Guru menggambarkan grafik gerak
lurus dengan kecepatan konstan
e. Guru memberikan contoh soal
tentang materi yang telah diberikan
f. Guru menjelaskan tentang pengertian gerak lurus beraturan
g. Guru mendemonstrasikan materi perpindahan dan jarak pada
gerak lurus beraturan
h. Guru menjelaskan tentang pengertian
Gerak Lurus Berubah Beraturan
i. Guru menjelaskan karakteristik GLBB
j. Guru Menjelaskan materi perpindahan dan jarak Pada GLBB
k. Guru Membimbing pelatihan
l. Guru Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
m. Guru Memberikan kesempatan untuk
latihan lanjutan dan penerapan
3. Kegiatan
Akhir (15’)
a.
Guru memberikan Penguatan
dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
b.
Guru memberikan tugas
c.
Guru menginformasikan
materi selanjutnya
I. Penilaian
1. Tehnik
Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Joko berjalan selama 15 sekon
menempuh jarak 60 meter. Selama 30 sekon kemudian dia berjalan menempuh jarak
120 meter. Kelajuan rata-rata Joko dalam berjalan adalah...m/s(Skor 25)
a. 6,5 d. 4,0
b. 5,5 e. 2,0
c. 4,5
2. Seorang pelari menempuh jarak 1 putaran
lintasan atletik yang berjarak 400 m selama 40 sekon. Kecepatan rata-rata
pelari itu adalah.......(Skor
25)
a. 400 m/s d.
10 m/s
b. 40 m/s e.
0,5 m/s
c. 20 m/s
3. Perhatikan pernyataan berikut :
(1). Bergerak dengan percepatan konstan
(2). Lintasannya berupa parabola
(3). Kecepatan benda berubah secara teratur
(4). Kecepatannya berbanding lurus waktu
Pernyataan
yang termasuk karakteristik Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah …..
a.
1,2 dan 3 b.1 dan
3 c.2 dan 4 d.4 saja e.1,2,3
dan 4
Kunci Jawaban
1.
Dik :
S1 = 60 m
t1 = 15 sekon
S2 = 120 m
t2 = 30 sekon
Dit V = ……?
peny :
2. Dik
: S = 400 m
t = 40 s
Dit : V = ……?
Peny :
3. b.1 dan 3
Kendari, Oktober 2011
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
Edi Suriawan Hakim, S.Pd. ARIDAL
NIP. 198703212010011004 A1C3 07 070
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 7 Kendari
Drs. Agusman Hanisi, M.Si
NIP. 196309051990021004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar