Sabtu, 30 Oktober 2010

MAKIS GUGLIEMO MARCONI

A. Sejarah Hidup
Makis Gugliemo Marconi dilahirkan pada tanggal 25 April 1874, dari seorang ibu yang berbangsa Irlandia dan seorang ayah yang berbangsa Italia, di sebuah kota kuno Italia, yaitu Bologna. Akan tetapi, ia dibesarkan di tanah pertanian ayahnya yang luas di daerah berbukit sekitar tujuh puluh kilo meter dari Bologna. Di sini, di rumah yang terkenal sebagai Villa Grivone, ia memulai apa yang disebutnya kerja seumur hidup.
Marconi anak yang sangat pemalu dan badannya tidak begitu kuat. Oleh karena itu, oleh orang tuanya ia disuruh tetap tinggal dirumah. Ia tidak pernah duduk di bangku sekolah. Orang tuanya mendatangkan guru ke rumahnya. Sesudah Marconi dapat membaca, ayahnya menyediakan semua buku ysang digemarinya. Kebetulan Marconi anak yang suka sekali membaca, lebih-lebih membaca buku tentang IPA. Semua buku di perpustakaan ayahnya habis dibacanya, sehingga ia cepat pandai. Ketika usianya belum genap sepuluh tahun, Marconi selalu tertarik pada bagaimana benda dapat bekerja sama dan bahkan sejak ia pertama kali bergulat dengan mainannya. Ia juga telah sering mencoba membuat sendiri alat-alat atau perkakas berdasarkan buku yang telah dibacanya.
Pendidikan dasar diperoleh seluruhnya di rumah, di Villa Grivone, di Leghorn dan di Florence, pengalaman pertama Gugliemo di sekolah formal Florence, pada usia dua belas tahun, tidak lebih baik. Sebagai anak yang suka menyendiri, Gugliemo disisihkan oleh kawan-kawannya, terlebih lagi karena gaya hidupnya yang agak asing, gaya hidup yang ditirunya dari ibu dan sepupu-sepupunya dari Inggris. Guru-guru menganggapnya anak bodoh dan tidak mungkin diajari dan sering dihukum karena prestasi belajarnya yang buruk.
Pada tahun 1887 Marconi gagal masuk Akademi Angkatan Laut Leghorn. Sebagai gantinya, ia masuk ke sekolah teknik Leghorn untuk belajar fisika dan kimia. Di sekolah teknik ini, Marconi ternyata masuk ke dunia yang akhirnya dapat menyita seluruh keingintahuannya dan mengasah olah pikirannya. Sekali lagi sebuah kekecewaan besar menghadangnya. Ketika tiba saatnya, Marconi ikut ujian masuk ke Universitas Bologna, ternyata ia gagal. Hanya sang ibu yang mengerti kesedihan yang dialami oleh Marconi.
Pada tahun 1894, Marconi memulai eksperimen radionya, dan pada tahun 1896 pada usia 22 tahun ia mendapat hak paten untuk penemuannya. Sehingga ia dijuluki sebagai bapak penemu radio telegraph (bukan penemu radio). Pada tanggal 16 Maret 1905 ia berusia 30 tahun dan menikahi Beatrice Orville Brien. Tahun 1909 Marconi dianugerahi penghargaan Nobel untuk ilmu fisika bersama Carl Ferdinand Braun dari Jerman. Tahun 1912, Marconi kehilangan sebuah matanya akibat kecelakaan lalu lintas. Tahun 1915, selama dan sesudah perang Dunia I, Marconi meluangkan waktunya untuk menjalankan tugas-tugas diplomatik untuk tanah tumpah darahnya, Italia. Tahun 1919, Marconi turut dalam delegasi Italia untuk Konferensi Perdamaian Prancis. Pada tahun 1920-an siaran hiburan melalui radio dimulai. Pada tahun 1930, Marconi diangkat sebagai direktur ke dua Royal Italian Academy.
Makis Gugliemo Marconi meninggal pada tanggal 20 Juli 1937 pada usia 63 tahun, karena sakit keras yang dideritanya. Kabar tentang kematiannya disebarluaskan melalui radio ke seluruh dunia. Semua stasiun pemancar menghentikan acara mereka sejenak untuk mengheningkan cipta mengenang Bapak Sistem Komunikasi Tanpa Kawat.
B. Konsep yang Ditemukan
Pada umur 12 tahun Marconi mulai melakukan eksperimen dengan kawat dan baterai. Pada umur 16 tahun ia mendapat bimbingan dari Profesor Rosa dan Profesor Righi dari Universitas Bologna. Pada waktu itu sudah ada telegraph dan telepon. Tapi ke dua pesawat itu masih membutuhkan kawat. Kawat tidak dapat mencapai kapal di tengah Samudera. Marconi bermaksud menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan berita tanpa kawat. Pada tahun 1894 pada umur 20 tahun kebetulan ia membaca sebuah majalah tentang listrik. Majalah itu memuat sebuah artikel tentang eksperimen Hertz. Hertz adalah ahli fisika Jerman yang pertama kali menemukan gelombang radio. Dengan informasi gelombang radio milik Hertz, Marconi lalu bekerja keras selama satu tahun, untuk membuat pesawat komunikasi tanpa kabel dan pada umur 21 tahun pesawat komunikasi tersebut selesai. Pada umur 22 tahun ia memperoleh hak paten atas penemuannya mengenai sistem komunikasi tanpa kabel yang disebut sebagai telegraph. Pada tahun 1897 ia mendirikan perusahaan telegraph tanpa kawat. Sehingga ia dijuluki sebagai Bapak Sistem Komuniksi tanpa Kawat.

C. Pengembangan Konsep
Pengembangan konsep yang ditemukan oleh Makis Gugliemo Marcconi untuk sekarang ini dapat pula kita lihat dari berbagai bidang, antara lain bidang komunikasi dan informasi, bidang kelautan dan perairan, bidang antariksa, dan bidang kemiliteran serta bidang pendidikan. Pada bidang komunikasi sekarang ini dengan diciptakan Hand Phone, maka komunikasi dapat berjalan dengan lancar walaupun jarak antara orang yang satu dengan yang lain sangat jauh. Begitu pula pada bidang informasi dengan adanya internet, maka dapat mengetahui dan menerima informasi dari seluruh penjuru dunia. Pada bidang kelautan dan peraiaran dengan menggunakan sistem gelombang radar maka dapat menentukan kedalaman laut yang akan diukur. Pada bidang antariksa dengan menggunakan gelombang radar dan elektromagnetik, kita dapat mengetahui jarak antar planet pada sistem tata surya. Sedangkan pada bidang kemiliteran, dengan menggunakan gelombang radar atau gelombang elektromagnetik dapat mengetahui keberadaan musuh atau lawan, serta benda-benda yang membahayakan seperti bom, granat, dan lain-lain. Kemudian pada bidang pendidikan, dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sehingga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah dan mata kuliah di universitas.
D. Aplikasi Konsep
Aplikasi konsep yang ditemukan oleh Makis Gugliemo Marconi sangat banyak diterapkan sekarang ini berupa pembuatan kabel untuk telepon rumah dan pengiriman serta penerima berita yang menggunakan gelombang radio pada dunia telekomunikasi dan informasi. Selai itu pala, dengan dibuatnya antenna, kita juga dapat menerima dan mengirim informasi melalui media elektronik berupa televisi, telepon, serta pengiriman berita dengan menggunakan telegraph.
Penerapan konsep juga dapat kita temukan pada berbagai peralatan kapal laut, dimana dengan menggunakan gelombang radar kita dapat mengirim informasi tentang keadaan dan posisi di mana kapal berada. Pada pesawat udara digunakan pula gelombang radar untuk mengirim dan menerima informasi serta mendeteksi keberadaan tempat di daratan atau di lautan.
E. Pengembangan Konsep Masa Depan
Dari konsep yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi serta pengembangannya sekarang ini, maka suatu saat nanti dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) kita bisa menemukan alat komunikasi tanpa menggunakan gelombang elektromagnetik atau radar, tetapi menggunakan gelombang cahaya dengan kecepatan mengakses informasi sama dengan kecepatan cahaya. Selain itu, kita juga dapat menemukan alat komunikasi berupa Hand Phone tanpa menggunakan pulsa, tetapi menggunkan energi dari sinar ultraviolet.
F. Soal dan Jawabannya
Adapun soal yang berkaitan dengan materi (sejarahwan fisika) di atas adalah sebagai berikut:
1. Dimana dan pada tanggal berapakah Makis Gugliemo Marconi dilahirkan?
2. Apa yang meyebabkan Makis Gugliemo Marconi meninggal dunia? Dan mengapa pada saat ia meninggal dunia semua stasiun pemancar berhenti melakukan aktivitas?
3. Konsep apakah yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi? Dan bagaimana sejarah singkat penemuan konsepnya?
4. Jelaskan secara singkat penerapan konsep yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi dalam kehidupan sehari-hari untuk sekarang ini !
5. Uraikan secara singkat pengembangan konsep yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi untuk sekarang ini dalam bidang komunikasi dan informasi, bidang kelautan dan perairan, dan dalam bidang antariksa !
Adapun jawaban soal di atas adalah sebagai berikut:
1. Makis Gugliemo Marconi dilahirkan di sebuah kota kuno Italia yaitu Bologna pada tanggal 25 April 1874.
2. Yang meyebabkan Makis Gugliemo Marconi meninggal dunia adalah penyakit keras yang dideritanya. Karena untuk mengheningkan cipta mengenang Bapak Sistem Komunikasi Tanpa Kawat.
3. Konsep yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi adalah sistem komunikasi tanpa kabel yang disebut sebagai telegraph dengan menggunkan gelombang radio. Sejarah singkat penemuan konsepnya adalah pada tahun 1894 pada umur 20 tahun kebetulan ia membaca sebuah majalah tentang listrik. Majalah itu memuat sebuah artikel tentang eksperimen Hertz. Hertz adalah ahli fisika Jerman yang pertama kali menemukan gelombang radio. Dengan informasi gelombang radio milik Hertz, Marconi lalu bekerja keras selama satu tahun, untuk membuat pesawat komunikasi tanpa kabel dan pada umur 21 tahun pesawat komunikasi tersebut selesai.
4. Penerapan konsep yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi dalam kehidupan sehari-hari untuk sekarang ini adalah berupa pembuatan kabel untuk telepon rumah dan pengiriman serta penerima berita yang menggunakan gelombang radio pada dunia telekomunikasi dan informasi. Selai itu pala, dengan dibuatnya antenna, kita juga dapat menerima dan mengirim informasi melalui media elektronik berupa televisi, telepon, serta pengiriman berita dengan menggunakan telegraph. Kemudian digunakan pula pada kapal laut dan pesawat.
5. Pengembangan konsep yang ditemukan Makis Gugliemo Marconi untuk sekarang ini adalah pada bidang komunikasi sekarang ini dengan diciptakan Hand Phone, maka komunikasi dapat berjalan dengan lancar. begitu pula pada bidang informasi dengan adanya internet, maka dapat mengetahui dan menerima informasi dari seluruh penjuru dunia dan pada bidang kelautan dan peraiaran dengan menggunakan sistem gelombang radar maka dapat menentukan kedalaman laut yang akan diukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar