Jumat, 05 November 2010

nikola tesla

NIKOLA TESLAS
(1856 – 1943)

A. Sejarah Hidup
Insinyur Eksentrik Serbia-Amerika yang buat banyak kontribusi kepada penemuan alat elektromagnetik adalah Nikola Tesla. Nikola Tesla dilahirkan pada tengah malam pada tanggal 9 Juli 1856, dikampung Smilyan Provinsi Lika (Austria-Hungaria) sekarang Rep. Kroasia. Bapaknya bernama Pendeta Milutin Tesla yang merupakan seorang Imam Serbia-Orthodox dan Ibunya bernama Djuka Mandich yang tidak berpendidikan tetapi sangat cerdas kedua keluarganya mula-mula datang dari Serbia Barat.
Tesla sangat eksentrik dalam perilaku dan tentu saja tidak boros dengan uang. Bahkan ketika Ia pergi ke Amerika (New York) tahun 1884, empat sen uang di dalam sakunya, dan menjual syair puisinya untuk tiket pesawat terbang. Ataupun salah satu paksaannya adalah pencurian merpati sebagai makanan sehari-harinya di New York.
Tesla meninggal di New York pada tanggal 7 Januari 1943, pemilik lebih dari 700 hak paten. Dokumen, ijazah, penghormatan lain, surat, catatan laboratorium, rumah, museum Nikola Tesla di Belgrade (Yugoslavia) diserahkan oleh kemenakan Dazalaki Tesla yaitu Save Kesanevich sebagai ahli waris. Ratusan orang berkumpul di gereja, pendeta dan diakhir kalimat pendeta Yohanes mengakui bahwa telah meninggal seorang yang memiliki ide brilian dan jenius yang besar.
Penghargaan Nikola Tesla
 Tahun 1917, Tesla bersama Edison mendapat hadiah elektrik di Amerika Serikat.
 Nama Nikola Tesla diabadikan sebagai lambang internasional Rapat Fluks Medan Magnetik di sebut “Tesla”.
 Amerika Serikat mengeluarkan prangko bergambar Nikola Tesla untuk menghormati Tesla tepat ulang tahun (1983).
 Tesla masuk menjadi anggota salah seorang penciptaan terkenal tahun 1975.
 Institut Ahli Listrik tiap tahun selalu merayakan ulang tahun Tesla sejak tahun 1976.
 Patung Nikola Tesla ditempatkan di Goat Island untuk menghormati Tesla dalam pembuatan pembangkit listrik di Air terjun Niagara tahun 1895.
 Tesla dikenal sebagai pencipta Polyphase arus bolak-balik.
B. Konsep Yang Ditemukan
Tesla mengawali karirnya dengan mengikuti Pelatihan untuk seorang arsiktektur di Graz (Austria), dan Universitas Prague (1879- 1880). Pada sekolah Tinggi Tekhnik Graz yang pertama ia lihat Gramme Dinamo, dimana pengoperasian sebaai Generator dan ketika dibalikkan menjadi suatu motor elektrik dan ia mengerti cara untuk menggunakan arus bolak-balik dan untuk keuntungan.
Tesla mempunyai suatu kemampuan dan daya ingat yang tajam untuk mengkhayalkan dan membangun objek yang rumit dipikirannya. Ketika sedang aktif pada pekerja yang pertamanya dengan Perusahaan Telephone Amerika di Budapest tahun 1880, Tesla berhasil membuat suatu pengeras telepon pertama. Ketika ia Sedang berjalan dengan seorang teman gagasan untuk sistem pembangkit arus bolak - balik banyak fase, tiba-tiba terlintas dikepalanya. Sekalipun begitu, ia tidak memiliki rata-rata yang pasti untuk membangun peralatan tersebut.
Tahun 1882 Tesla pergi bekerja di Paris untuk Perusahaan Kontinental Edison dan pada saat tugas ke Strasbourg tahun 1883, Ia membangun jam afterwork motor lintasan pertamanya. Ketika pekerjaan pembetulan hamper selesai, Perusahaan Edison menolak untuk membayar gaji Tesla yang telah disepakati. Tesla sangat marah dan berhenti dengan seketika, sehingga ia memutuskan bekerja sebagai penggali parit selama dua tahun.
Pada bulan Mei 1885, George Westinghouse kepala Perusahaan Elektris Westinghouse di Pittsburgh, Tesla menceritakan kepada Westinghouse tentang gagasannya untuk system banyak fasa, yang mana memungkinkan listrik arus bolak balik (AC) untuk dialirkan dari jarak jauh Westinghouse segera member Hak Paten Tesla pada system fasa dynamo arus bolak-balik, trafo, dan motor Westinghouse melihat keuntungan sisten Tesla, dan menyetujui pembelian hak paten untuk satu juta dolar yang lebih dari royalty $ 1 saban daya kuda.
C. Perkembangan Konsep
Setelah periode sulit, ia mendirikan Laboratorium miliknya di New York tahun 1887. Tesla melakukan percobaan dengan Shadowgraghis, yang kemudian dilanjutkan oleh Wilhelm Rontgen, sehingga menemukan Sinar-X tahun 1895. Eksperimen Tesla yang banyak, mencakup pekerjaan pada tombol lampu karbon, kuasa resonansi elektrik dan berbagai penerangan.
Tesla memberi pameran di Laboratoriumnnya di mana ia menyalakan lampu tanpa kawat dengan membiarkan listrik mengalir sepanjang badannya, dan untuk menghilangkan ketakutan terhadap arus bolak-balik. Ia adalah sering diundang untuk memberi kuliah di dalam dan I luar negeri pada tahun 1891, Tesla resmi berkebangsaan Amerika Serikat.
Westinghouse menggunakan system Tesla untuk menerangi World Columbian Exposition di Chiengo (1893). Suksesnya mengatakan Tesla pemegang kontrak untuk menginstal permesinan kuasa yang pertama pada Air Terjun Niagara, dimana mengandung nama angka-angka patent Tesla. Proyek-proyeknya hingga sampai di Buffalo di tahun 1896.
Di tahun 1898, Tesla mengumumkan penemuannya yaitu suatu perahu teleautomatic yang dikontrol oleh pengendalian jarak jauh. Di Colorado ia tinggal dan menetap dari Mei 1899 – awal 1900, Tesla membuat penemuannya yang paling dihormati yaitu gelombang stasioner terrestrial. Dengan penemuan ini Tesla membuktikan bahwa bumi bisa digunakan sebagai pengatur dan akan sama seperti mendengarkan suatu penyetelan garpu ke geteran elektrik suatu titik tertentu. Ia juga menyalakan 200 lampu tanpa kawat dari jauh 25 mil (40 km) dan menciptakan kilat buatan tangan manusia, memproduksi kilat yang berukuran 135 kaki (41 meter).
Tahun 1900 ia kembali ke New York, Tesla merindukan pembuatan menara penyiaran dunia tanpa kawat di Pulau Wardenclyffe. Dengan 150,000 dolar U.S sebagai modal yang diberikan oleh J. Pierpont Morgan. Tesla diharuskan member jaminan atas pinjamannya, dengan memberi Morgan 51 persen hak patennya telepon dan telegraf. Tesla dituntut untuk menyediakan komunika diseluruh dunia untuk melengkapi fasilitas pengiriman gambar-gambar, pesan, peringatan cuaca buruk dan pelaporan stock. Akan tetapi proyek ini mengakibatkan krisis keuangan dan penarikan kerjasama atas perusahaan Morgan dan merupakan kekalahan terbesar Tesla.
Pekerjaannya tesla yang digeser ke turbin dan proyek lain. Oleh karena itu suatu ketiadaan dana, gagasannya hanya tercatat di dalam buku catatannya, yang kebenarannya masih perlu diuji oleh insinyur dan tidak dimanfaatkan. Di tahun 1915 ia sungguh di kecewakan ketika suatu laporan yang Tesla dan Edison akan mendapatkan Hadiah Nobel terbukti salah. Sampai di Tahun 1917 Tesla barulah menerima Medali penghormatan yang paling tinggi oleh Institut Ahli listrik Amerika.




D. Aplikasi konsep Dalam Kehidupan Sehari-hari
Salah satu penemuannya yang sampai saat ini kita manfaatkan adalah Tesla Coil yang ia temukan pada tahun 1891 yang kemudian digunakan secara luas sampai hari ini di pesawat televise, radio dan peralatan elektronik lain untuk komunikasi tanpa kawat.
Selain itu, Tesla juga menemukan lampu neon dan suatu jenis baru turbin uap dan ia juga terus meningkat dan membangkitkan arus dengan pemindahan tenaga yang tanpa kawat.
E. Konsep Kedepan Yang Di Kembangkan
Dari penemuan-penemuan Tesla ada beberapa konsep yang dapat dikembangkan kedepan yakni :
1. Pemanfaatan TMC (Teknologi Modotikasi Cuaca) untuk mencegah banjir, mengatasi kebakaran hutan, dll.
2. Pengendalian fenomena alam (kilat) sebagai bahan alternative sumber energi baru.
3. Penggerakkan kendaraan bermotor tanpa menggunakan premium sebagai bahan utama akan tetapi dihubungkan dengan langsung ke sumber tegangan tanpa kawat.


F. Soal - Soal
1. Jelaskan Sejarah hidup Nikola tesla !
2. Jelaskan aplikasi konsep Nikola Tesla dalam kehidupan sehari-hari !
3. Sebutkan penghargaan-penghargaan yang diperoleh Nikola Tesla !

Jawaban :
1. Sejarah Hidup Nikola Tesla yaitu Insinyur Eksentrik Serbia-Amerika yang buat banyak kontribusi kepada penemuan alat elektromagnetik adalah Nikola Tesla. Nikola Tesla dilahirkan pada tengah malam tanggal 9 Juli 1856, dikampung Smilyan Provinsi Lika (Austria-Hungaria) sekarang Rep. Kroasia. Bapaknya bernama Pendeta Milutin. Tesla yang merupakan seorang Imam Serbia-Orthodox dan Ibunya bernama Djuka Mandich yang tidak berpendidikan tetapi sangat cerdas kedua keluarganya mula-mula dating dari Serbia Barat.
2. Aplikasi konsep sehari-hari nikola Tesla adalah Salah satu penemuannya yang sampai saat ini kita manfaatkan adalah Tesla Coil yang ia temukan pada tahun 1891 yang kemudian digunakan secara luas sampai hari ini di pesawat televise, radio dan peralatan elektronik lain untuk komunikasi tanpa kawat. Selain itu, Tesla juga menemukan lampu neon dan suatu jenis baru turbin uap dan ia juga terus meningkat dan membangkitkan arus dengan pemindahan tenaga yang tanpa kawat.
3. Penghargaan-penghargaan Nikola Tesla adalah :
1. Tahun 1917, Tesla bersama Edison mendapat hadiah elektrik di Amerika
Serikat.
2. Nama Nikola Tesla diabadikan sebagai lambang internasional Rapat
Fluks Medan Magnetik di sebut “Tesla”.
3. Amerika Serikat mengeluarkan prangko bergambar Nikola Tesla untuk
menghormati Tesla tepat ulang tahun (1983).
4. Tesla masuk menjadi anggota salah seorang penciptaan terkenal tahun
1975.
5. Institut Ahli Listrik tiap tahun selalu merayakan ulang tahun Tesla sejak
tahun 1976.
6. Patung Nikola Tesla ditempatkan di Goat Island untuk menghormati
Tesla dalam pembuatan pembangkit listrik di Air terjun Niagara tahun
1895.
7. Tesla dikenal sebagai pencipta Polyphase arus bolak-balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar