Jumat, 05 November 2010

volta

ALESANDRO VOLTA

A. SEJARAH HIDUP
Alessaandro volta adalah ahli fisika asala Italia yang nama lengkapnya adalah Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta, Alessandro Volta dilahirkan dari keluarga bangsawan pada tanggal 8 February 1745 di Como, Lombardia, Italia. Volta anak seorang bangsawan , saudara sekandungnya ada 9 orag. Semua masuk biara kecuali volta. Waktu kecil volta baru bisa bicara pada umur 4 tahun. Ayah bundanya amat sedih, hingga keluarga mengira volta sebagai anak yang terbelakang Namun tak disangka, dikemudian hari anak yang diangap bodoh dan terbelakan itu, kemudian memiliki kemampuan yang dapat melebihi teman-temanya dan dapat menandingi anak sebayanya. Pada usia tujuh tahun ayahnya meninggal dunia saat itu pula kecerdasan dan kemampuan Volta kecil terus berkembang. Dan, kemudian kecerdasannya cepat meningkat. Pada usia empat belas tahun, ia menegaskan keinginan untuk menjadi seorang ahli fisika. Volta tertarik pada fenomena masa itu, listrik. Saking gandrungnya, sampai-sampai ia menulis puisi tentang listrik! pada umur 29 tahun Ia pun menjadi guru fisika di SMA Como dan pernah menjabat sebagai kepala sekolah. Pada tahun 1777 ia memperoleh gelar profesor fisika dari The University of Pavia. Di sanalah ia menemukan baterai pertama di dunia pada tahun 1799.
Selanjutnya Volta menemukan berbagai komponen elektronika seperti kapasitor, kondensator, dan gas metana. Volta juga menciptakan alat untuk mengukur kekuatan listrik. Pada tahun 1801, Volta diundang ke Paris oleh The Academy of Sciences untuk mendemonstrasikan temuannya. Napoleon Bonaparte menganugerahi Volta sebuah medali emas. Napoleon juga mengangkat Volta sebagai senator. Alexassandro juga seorang ahli kimia, guru besar, dan pengarang.
Volta sangat terkenal dan diangkat menadi guru besar di Universitas Pavia. Di sini dia membuat alat yang berhubungan dengan listrik static sehingga dia diangkat menajadi anggota Royal Society dan mendapat hadia medali Coplay. Volta meninggal pada 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun atau lebih dari 182 tahun yang lalu. Meski dia telah wafat sangat lama, jasanya menciptakan baterai masih dikenang hingga sekarang. Sekarang, Volta dikenang sebagai penemu listrik arus-tetap. Ia juga menemukan elektrostatika, meteorologi, dan pneumatik. Baterai listrik adalah puncak karya Volta. Ia pun dipanggil ke Prancis untuk memamerkan temuannya itu. Kaisar Prancis Napoleon bahkan memberi gelar count bagi Volta atas temuannya itu. Dalam hidupnya Volta menerima banyak penghargaan dan medali. Namun, penghargaan yang terbesarnya diberikan oleh para ilmuwan. Yakni, dengan mengabadikan namanya untuk nama ukuran satuan listrik.
B. SEJARAH PENEMUAN KONSEP
Nama Alessandro Volta mulai mendunia pada tahun 1765. Volta berhasil menjadi seorang ilmuwan yang disegani, tentunya berkat ketekunan dan semangatnya yang tinggi. Pada tanggal 18 April 1765 beliau mengumumkan tulisannya yang berisi uraian-uraian tentang percikan listrik “diatas kekuatan dari percikan listrik” yang bahasa latinnya “de vi actractiva ignis electrici” yang dimuat diharian Como.
Penemuannya yang paling mutakhir alessandro adalah baterai. Pada tahun 1786 Pada mulanya, Volta tak bermaksud membuat baterai. Volta hanya berusaha menyangkal pendapat seorang ilmuwan yang juga salah seorang teman, ahli fisiologi bernama Galvani mengenai “listrik tenaga hewan”. ia melakukan eksperimen terhadap kaki kali katak yang diikat dengan kait tembaga. Pada saat kaki katak tersebut menyetuh besi, secara otomatis kaki tersebut berdenyut.
Berdasar kejadian tersebut, Galvani berpendapat bahwa ternyata daging katak mengandumng listrik. Volta tidak langsung menerima teori tersebut, ia sendiri masih larut dengan serangkaian eksperimenya untuk membuktikan kebenarannya. Delapan tahun kemudian, 1794 Volta memperoleh kesimpulan dari eksperimenya, yaitu ternyata apa yang dimaksud oleh Galvani bukan berasal dari daging katak melainkan dari logam. ( ada dua kubu yang saling mempertahankan teorinya)
Volta membantah Galvani. Ia yakin, arus listrik itu timbul dari reaksi kimia dalam tubuh katak.
Untuk membuktikan teorinya, Volta mereaksikan berbagai zat kimia dan mengukur arus listrik yang ditimbulkannya. Setelah rentang waktu 6 tahun, perdebadatan tidak membawa titik kompromi, pada tahun 1800, Volta berhasil menemukan batterai , penemuan ini menumbangkan teori Galvani, dan mengakhiri perdebadan tentunya volta berhasil membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Ia membuat baterai pertama dari seng dan tembaga yang dicelupkan air garam. Rangkaian yang disebut voltaic pile itu merupakan baterai pertama di dunia yang dinamakan voltalic pile (alat Volta) atau yang lebih dikenal dengan sel Volta, yang selanjutnya dikembangkan menjadi baterai listrik. Untuk menghormati jasanya, digunakan istilah volt sebagai satuan tegangan listrik. Baterai listrik ini kemudian disempurnakan oleh para ahli sehingga bentuk dan ukurannya beranekan ragam seperti yang kita jumpai sekarang ini.

C. PENGEMBANGAN KONSEP
Dengan penemuan arus listrik kontinyu oleh Alessandro Volta, maka manusia mulai mengembangkan penemuan ini dengan membuat alat yang bisa menghasilkan panas, cahaya, dan efek magnetik. Penemuan konsep ini juga mengawali penemuan alat-alat listrik yang mampu menghasilkan gerak mekanis, seperti motor listrik atau dynamo sekaligus mengilhami pemikiran Michael Faraday untuk melakukan yang yang sebaliknya, yaitu menghaslkan listrik dan gerak magnet. Penemuan baterai basah merupakan konsep dasar pembuatan Acu. Serta konsep percikan listrik merupakan dasar dari pembuatan busi kendaraan bermotor.
D. APLIKASI KONSEP
Penemuan Alessandro Volta sangat memberikan sumbangsi yang besar terhadap perkembangan kehidupan manusia. Seperti baterai yang banyak digunakan pada alat-alat elektronika dan kendaraan bermotor. Selain itu, konsep penemuannya yang lain berupa percikan listrik digunakan pada hampir pada semua jenis mesin yang menggunakan bahan bakar minyak.
E. PENGEMBANGAN KONSEP KE DEPAN
Dengan ditemukannya konsep baterai sebagai sumber arus kontinyu, maka saya membayangkan suatu saat bisa diciptakan sebuah baterai yang mempunyai daya yang besar sehingga bisa menggantikan fungsi BBM sebagai sumber energi penggerak mesin-mesin kendaraan bermotor. Atau dijadikan sebagai pembangkit listrik terbaru yang menggantikan posisi nuklir yang bisa membahayakan umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar